KPU Jombang Hadiri Webinar Roadmap Pemilu 2024 yang diselengarakan AIPI

17

kab-jombang.kpu.go.id- KPU Kabupaten Jombang Hadiri Webinar Nasional Roadmap Pemilu 2024 yang diselengarakan  Asosiasi Ilmu Politik Indonesia (AIPI), dengan Moderator Dr. Ferry Daud Liando (Wasekjen PP AIPI), narasunber Narasumber Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian., M.A., Ph.D. (Menteri Dalam Negeri RI) yang diwakili direktur peningkatan demokrasi kemenagri Dr. Cahyo Ariawan, Dr. H. Ahmad Doli Kurnia Tandjung, S.Si, M.T.(Ketua Komisi II DPR RI), Dr. Badikenita Putri Sitepu, S.E., M.Si, (Anggota DPD RI), Ilham Saputra, S.IP, (Ketua KPU RI), Abhan, S.H. M.H.(Ketua Bawaslu RI), Prof. Dr. Muhammad, S.IP., M.Si. (Ketua DKPP RI), Dr. Ferry Kurnia Rizkiyansyah (Direktur Eksekutif Netgrit),  Kamis  (17/6) Pukul, 13.30 sampai dengan  selesai secara daring   melalui aplikasi  Zoom meeting dengan link : https://us05web.zoom.us/j/81417987639?pwd=WitUaGhjOTZtbGR6NGt2NWo0YTB2Zz09, dari KPU Kabupaten Jombang diwakili Rita Damayanti Anggota KPU Divisi parmas dan Burhani Agus S   Sekretariat KPU Jombang.

12

 

Kesepakatan menetapkan tahapan pemilu 2024 akan dimulai pada Maret 2022 atau 25 bulan sebelum pencoblosan. Persiapan dengan waktu yang panjang tentu menjadi sebuah modal terutama dalam rangka mengoptimalkan kegiatan-kegiatan tertentu seperti seleksi penyelenggara pemilu, penganggaran dan penyusunan daftar pemilih. Namun demikian hal ini belum akan menjamin manakala kesiapan stakeholder tidak dioptimalkan. DPR dan Pemerintah bersama penyelenggara pemilu akhirnya mengusulkan  tanggal 21 Februari 2024 sebagai hari pemungutan suara pemilihan umum (pemilu), Serta menetapkan hari pemungutan suara pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak nasional pada  November 2024.

21

 

Webinar Roadmap Pemilu 2024  dimulai dengan sambuatan pembukaan webinar oleh Dr. Alfitra Salamm, APU (Ketua Umum AIPI). Lalu dilanjutkan pemateri pertama disampaikan oleh Ilham Saputra, S.IP, (Ketua KPU RI), dalam Roadmap Pemilu 2024 menjelaskan dasar pertimbangan penetapan hari pemungutan, simulasi tahapan pemilu dan pemilihan tahun 2024 ,informasi AMJ Anggota KPU, KPU prop dan KPU kab/kota, irisan badan ad hoc,  kebutuhan penyusunan PKPU, kebutuhan  Teknologi Informasi (TI), program tata Kelola TI dalam pemilu,” Tegas Ilham.

19

 

Abhan, S.H. M.H.(Ketua Bawaslu RI), Roadmap Penyelengaraan pemilu dan pemilu serentak 2024, dengan membahas problematikan pemilu tahun 2019, pemilihan serentak tahun 2020, isi krusial pemilu dan pemilu serentak 2024, persiapan kelembagaan dan SDM pengawasan pada pemilu dan pemilu serentak 2024, rekomendasi bawaslu,” Jelasnya

20

Dr. H. Ahmad Doli Kurnia Tandjung, S.Si, M.T.(Ketua Komisi II DPR RI), pemilu 2024 merupakan pemilu bersejarah bagi bangsa Indonesia dimana pada pemilu dan pemilu serentak dilaksanakan dalam satu tahun, kita mempunyai kepentingan bahwa  pemilu dan pemilu serentak 2024 semakin berkualitas dengan memaknai dempkrasi secara subtansial, dalam rapat kerja dengan KPU, Depdagri dan bawaslu untuk mempersiapkan menyusun agenda tentang tahapan pelaksanaan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024,” Dengan membahas beberapa isu terkait tahapan, penentuan  hari pemungutan suara, penggunan system TI, evaluasi pemilu, DPR RI membentuk tim kerja Roadmap Pemilu 2024 dalam  membangun regulasi dengan KPU terkait  desain pemilu 2024, menghitung estimasi alokasi anggaran pemilu 2024, perlunya dukungan serta konsulidasai semua pihak dalam pelaksanaan pemulu 2024,” Jelas  Ahmad Doli

18

Dr. Badikenita Putri Sitepu, S.E., M.Si, (Anggota DPD RI), membahas Penyelengaraan pemilu dan pemilu serentak 2024 yang evektif dan evisien, evaluasi undang-undang pemilu terhadap penyelenggaraan pemilu serentak 2019 dengan enam klister dan du puluh delapan isu, usulan tahapan penyelengggaran pemilu 2024, potensi permasalahan regulasi, potensi  permasalahan anggaran, potensi permasalahan di penyelenggara,” Tegasnya

16

Prof. Dr. Muhammad, S.IP., M.Si. (Ketua DKPP RI),menjelaskan dalam menyongong pemilu 2024 dengan optimis, namum optimisme tidak boleh mengkesampingkan, menghitung, mendengarkan suara pesimesme, dalam permasalahan yang ada jangan terpaku pada hal-hal yang prosedural saja, proses tata kelola pemilu sudah bagus namum harus di kuatkan dengan prilaku tata kelola penyelengara itu sendiri, penyelenggara pemilu semua tingkatan harus bisa jadi pemimpin yang  bisa dan berupaya untuk mengurangi risiko(mitigasi).” Potensi taksir UU pemilu  yang ada harus selesai sebelum pelaksanaan penyelenggaran pemilu 2024 sehingga tiadak ada tafsir tersendiri antara KPU dan Bawaslu, DKPP mendorong hal tersebut supaya jelas, perencanaan yang jelas perlu adanya Undang- uandang,” Ujar Muhammad.

15

Dr. Ferry Kurnia Rizkiyansyah (Direktur Eksekutif Netgrit) membahas Roadmap Pemilu 2024, Pemilu dan Pilkada dilakukan secara bersamaan di tahun yang sama,“Tentu berpotensi melahirkan banyak risiko, pengalaman pemilu 2019, isu-isu menghadapi pemilu 2019, catan pemilu 2020 secara umum, isu-isu staregi pemilu, arah pemilu 2024, Langkah untuk pemilu di tahun 2024,” Jelas Fery

13

 

Dilanjutkan pemateri dari direktur peningkatan demokrasi kemenagri Cahyo Ariawan membahas dasar hukum pelaksanaan pemilu 2024, Reviu pemilu 2019 terkait parmas, pelaksanaan dan sengketa, Reviu pemilu 2020 dalam pandemic covid 19 serta pengunaan TI, Penyelengaraan pemilu dan pemilu serentak 2024 dimana AMJ kepala daerah tahun 2022 Gubernur 7, Bupati 76 Walikota 18 untuk tahun 2023 Gubernur 17, Bupati 115 dan Walikota 38.” Dalam hal ini diperlukan  peran pemerintah dan dukungan pemerintah daerah, bentuk bantuan dan fasilitas serta Pendidikan politik,” Jelas Cahyo.

14

Dalam Webinar Roadmap Pemilu 2024 banyak pertanyaan  dari kolom chat dan diahiri dengan semacam closing statement sebagai kesimpulan dari pemikiran mereka masing-masing narasumber (ag/hupmas).

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *