KPU Jombang Webinar Gagas Sirekap Jelang Tahapan Pemilu 2024

kpu-jombangkab.go.id.Kemungkinan penggunaan Sistem Informasi Rekapitulasi (sirekap),  pada Pemilu 2024 yang akan ada pemilihan presiden, DPR, DPD, DPRD dan kepala daerah secara serentak, guna mengatisipasi tersebut KPU kota Probolinggo  mengelar kegiatannya Sosialisasi Teknologi Informasi Menuju Pemilu Serentak 2024 (Stimulus) dengan tema “ Sirekap, Meneropong Digitalisasi Pemilu 2024” diikuti oleh Peserta di antaranya partai politik, forkopimda, ormas, OKP, ormawa, perguruan tinggi, pemantau pemilu, dan masyarakat umum di kota Probolinggo dan KPU Kabupaten Kota Se-Jawa Timur melalui daring (zoom meeting),  Selasa (4/5).

3

Diawali sambutan dari ketua KPU Kota Probolinggo Ahmad Hudri selanjutnya Kegiatan di buka sekaligus menjadi nara sumber Insan Qoriawan Komisioner KPU Jawa Timur Divisi Teknis Penyelenggaraan menyampaikan , rekapitulasi perhitungan suara selama ini menjadi titik kritis dalam penyelenggaraan pemilu, penggunaan sirekap sangat penting bagi KPU dalam mengedepankan prinsip transparansi dan akuntabilitas. ” bisa berjalan transparan, cepat, kemudian minimalis kesalahan, dan tentu saja mudah diakses oleh siapapun,” ujarnya.

1

Komisioner KPU Kota Probolinggo Divisi Teknis Penyelenggaraan Upik Raudhotul Hasanah mengatakan, sosialisasi mengenai penggunaan Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap), yang akan dilakukan pada Pemilu 2024. Sosialisasi tersebut penting, setidaknya mengenalkan pada partai politik maupun pihak terkait di Kota Probolinggo, maka pihaknya perlu mengenalkan pada publik terkait seperti apa aplikasi tersebut.

2

Dilanjutkan pemaparan dari Komisioner Kabupaten Sidoarjo Divisi Teknis Penyelenggaraan Miftakul Rohma mengatakan , ada sejumlah kelebihan penggunaan Sirekap dalam Pemilu. “Pertama, membantu publik maupun penyelenggara Pemilu, untuk bisa mendapatkan informasi tentang hasil penghitungan suara dan rekapitulasinya secara lebih cepat. Kedua, penggunaan aplikasi Sirekap akan membuat proses pelaksanaan Pemilu maupun Pemilihan dalam tahap rekapitulasi berjalan lebih efektif dan efisien. Ketiga, penggunaan kertas yang selama ini cukup banyak, itu bisa dikurangi, Termasuk hemat waktu juga,” katanya.

4

Kegiatan tersebut Juga diikuti oleh perwakilan KPU Jombang yang diwakili Koordinator Divisi teknis, As’ad Choirudin, Sirekap merupakan perangkat aplikasi berbasis teknologi informasi sebagai instrumen dalam pelaksanaan rekapitulasi perolehan suara, pentingnya  pemetakan TPS  yang tidak memiliki akses internet sangat penting  mermasalahan  sinyal internet merupakan kenjala dalam kelancaran kegiatan tersebut ,” Ujarnya. (ag/hupmas)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *