KPU Jombang Ikuti Rakor Bakohumas Secara Daring

KPU Jombang ikuti rapat koordinasi Bakohumas yang diselenggarakan oleh KPU RI secara daring pada hari Selasa (4/5). Acara yang berlangsung selama kurang lebih tiga jam ini diikuti oleh seluruh perwakilan KPU Provinsi/KIP Aceh dan KPU Kab/Kota se Indonesia. Hadir menyimak dalam acara ini yaitu, Ketua, Divisi Sosdiklih SDM Parmas, Sekretaris dan Staf Hupmas KPU Kabupaten Jombang.

7

Dalam sambutannya, Ketua KPU RI Ilham Syahputra menyampaikan bahwa Humas berperan penting bagi institusi publik. “Dengan Bakohumas kita bisa memaksimalkan peran KPU sebagai institusi publik, karena Humas adalah pintu bagi sebuah instansi untuk menyampaikan kepada publik terkait apa saja yang dilakukan oleh KPU,” ujar Ilham.

4

Selanjutnya, Pramono Ubaid Tanthowi, anggota KPU RI Divisi Parmas menyebutkan bahwa kebutuhan informasi yang tinggi menyebabkan peran humas sangat krusial. “Seringkali kita mendengar, kesan pertama di sebuah instansi/lembaga bisa dicerminkan melalui dua hal yaitu tampilan dan komunikasi. Tampilan yang dimaksud yaitu tampilan website dan tampilan kantor. Oleh karena itu, penting untuk memastikan tampilan website dan medsos ramah bagi pengakses. Sedangkan komunikasi yaitu bagaimana cara instansi berkomunikasi. Menurut Pramono, sejauh ini komunikasi yang dilakukan oleh KPU sudah ada peningkatan. Humas itu tidak hanya mencitrakan dan menyampaikan informasi ke publik tapi juga harus mampu mengemas dan menjual informasi dengan kemasan yang baik terkait apa yang kita kerjakan. “Ke depan harapan saya, humas harus lebih kreatif dan komunikatif ” pungkas Pramono.

5

Dalam paparannya, I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, Ketua Divisi Sosdiklih menambahkan bahwa ke depan humas tidak hanya mengunggah berita, tapi juga harus bisa merespon secara komprehensif tentang data pemilu yang dipublikasi.

6

Sementara itu, Sigit Joyowardono selaku Plt Kepala Biro Parmas Ketua Pelaksana Bidang Diseminasi Bakohumas KPU RI mengatakan bahwa KPU berkomitmen untuk meningkatkan kualitas SDM Kehumasan melalui beragam pelatihan dan pengembangan menuju Pemilu Serentak 2024 mendatang. “Kesuksesan pemilu dan tingginya partisipasi masyarakat dipengaruhi oleh arus informasi kepemiluan yang baik, positif, lengkap, dan transparan  dirilis ke publik”, ujarnya.

3

Turut hadir sebagai narasumber yaitu Bambang Gunawan, Plt.Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik yang memaparkan tentang Problematika Kehumasan Pemerintah  pada Era Digital. Dalam presentasinya, Bambang berharap agar ke depan, KPU mampu mengcounter isu-isu hoaks yang kerap kali menyerang KPU pada saat pemilu.

Selanjutnya, Fery Kurnia Rizkiyansyah, Direktur Eksekutif NETGRIT menambahkan bahwa Riset perlu dikuatkan untuk menjaga kredibilitas lembaga KPU.  Terkahir, Bu Endah dari TVRI berpesan bahwa “para tenaga humas harus mampu berbicara dengan baik, harus percaya diri dan menguasai semua hal yang berkaitan dengan KPU, paham materi, berpenampilan menarik secara fisik dan dalam hal penyampaian yang didukung dengan skill.”pungkasnya. (nl/hupmas),

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *