Rakor Pengawasan Mutarlih Dengan Bawaslu

kpu-jombangkab.go.id– KPU Jombang menghadiri undangan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jombang pada Senin (12/4), mulai pukul 10.00 WIB sampai selesai. Kegiatan ini sesuai undangan Bawaslu dalam surat tertanggal 6 April 2021, nomor : 016/KA.02/K.JI-08/04/2021 perihal rapat koordinasi pengawasan daftar pemilih berkelanjutan. Selain KPU Jombang, juga turut hadir perwakilan dari Dinas Kependudukan, Kodim 0814, dan Polres Jombang.

David Budianto, Komisioner Bawaslu Jombang yang juga Ketua Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga, dalam sambutannya menjelaskan tentang tujuan dari kegiatan ini. Proses pemutakhiran data pemilih berkelanjutan bukan hanya tanggung jawab KPU dan tidak mungkin bisa berjalan lancar tanpa dukungan pihak lain.

“Fungsi pengawasan dari Bawaslu bukan hanya dalam hal mengawasi kegiatan mutarlih saja tapi juga ikut mendukung aktif berjalan lancarnya kegiatan mutarlih,” tegas David yang merupakan alumnus Ilmu Politik Universitas Airlangga Surabaya ini.

bawaslu

Ketua Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Jombang, Abdul Wadud Burhan Abadi yang hadir dalam rakor tersebut menyampaikan kendala-kendala yang selama ini dihadapi KPU dalamm proses mutarlih di luar tahapan pemilu. Kendala itu antara lain : terbatasnya akses data kependudukan, dan kurangnya peran aktif masyarakat.

“KPU sudah menyediakan kolom khusus di website resmi kpu jombang terkait tanggapan masyarakat untuk data pemilih yang mutakhir, tapi pemanfaatannya sangat minimal. Karena masyarakat biasanya baru merespon apabila hari H pemungutan suara sudah makin dekat padahal sosialisasi KPU sudah sangat jauh hari dilakukan dan terus menerus,” jelas Burhan.

bawaslu.jpg 1

Menanggapi terbatasnya akses kependudukan, Dwi Yudawati, Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jombang, menjelaskan bahwa pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dirjen Pusat terkait akses data kependudukan. Pusat telah berkoordinasi dengan KPU RI bahwa akses diberikan apabila telah memasuki tahapan Pemilu.

Perwakilan dari Polres dan Kodim 0814 Jombang pada kesempatan itu juga menjelaskan dukungan mutarlih selama ini yaitu segera menyampaikan data para anggotanya yang telah memasuki usia pensiun ke Dispenduk. Kegiatan ini dilakukan segera dan sudah berjalan rutin.  (dy/hupmas)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *