Pengendalian Intern Pelaporan Keuangan (PIPK) Demi Wujudkan Laporan Keuangan yang Handal dan Memadai

kab-jombang.kpu.go.id-KPU Jombang ikuti Rapat Koordinasi tentang Pelaporan Pengendalian Intern Pelaporan Keuangan (PIPK) secara daring melalui aplikasi zoom dengan KPU Provinsi Jawa Timur.  Turut hadir dalam kegiatan ini Kasubag Umum Keuangan dan Logistik, Sub Koordinator Bagian Hukum, serta Staf Teknis dan Hubmas KPU Kabupaten Jombang ,serta seluruh Satker KPU se-Provinsi Jawa Timur, Selasa (02/02) pukul 10.00 WIB.

Daring pengendalian lap keuangan

Kegiatan di buka oleh Sekretaris KPU Provinsi Jawa Timur, Nanik Karsini dan sebagai narasumber adalah Yulyani Dewi selaku Koordinator Bagian Hukum, Teknis Dan Hupmas Sekretariat KPU Provinsi Jawa Timur. menyampaikan bahwa, “Satker perlu membentuk Tim PIPK tingkat kota dan pelaksanaan tugas penilaian disesuaikan dengan PMK No 17/PMK.09/2019 adalah pengendalian yang dilakukan secara spesifik dalam memberikan keyakinan yang memadai bahwa laporan keuangan yang dihasilkan merupakan laporan yang andal dan disusun sesuai standar akuntansi pemerintahan,”  terangnya.

Daring pengendalian lap keuangan.jpg 1

Adapun alur pelaksanaan penilaian PIPK dimulai dengan Membentuk Tim Penilai PIPK, kemudian dilanjutkan dengan melaksanakan penilaian tingkat entitas, penilaian tingkat proses/ transaksi, dan Menyusun Laporan Penilaian PIPK. Selanjutnya, Laporan tersebut disampaikan kepada Sekretaris KPU Provinsi untuk dilanjutkan kepada Sekjen KPU untuk entitas UAPPA-W.

Mengakhiri rapat koordinasi tersebut, seluruh Satker KPU se Provinsi Jatim diingatkan bahwa sebenarnya PIPK digunakan sebagai alat bantu bagi pengelola keuangan agar bisa memperbaiki dan melengkapi data sehingga dapat mewujudkan laporan keuangan yang handal dan memadai, (nl/hupmas).

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *