KPU Jombang Sahkan Perjanjian Kinerja Tahun 2021 Demi Akuntabilitas Kinerja

kab-jombang.kpu.go.id. Tanpa perencanaan program dan kegiatan yang matang, niscaya sulit melaksanakan program kegiatan yang terarah dan akuntabel. Rencana strategis (Renstra) adalah pondasi awal dari perencanaan program dan kegiatan lembaga KPU.

perjanjian kinerja

Penjabaran Renstra terwujud dengan Rencana Kinerja Tahunan kemudian dituangkan dalam Perjanjian Kinerja dengan pengesahan tanda tangan Kepala Lembaga yaitu Ketua KPU dan Sekretaris KPU. Hal tersebut diatur dalam sistem yang bernama SAKIP yaitu Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah.

perjanjian kinerja.jpg 2 jpg

Setelah melalui proses pembahasan yang cukup panjang, dengan diskusi dan evaluasi atas program-program kerja di Tahun 2020 lalu, akhirnya terlaksana pengesahan Perjanjian Kinerja KPU Kabupaten Jombang Tahun 2021. Pengesahan tersebut melalui penandatangan Perjanjian Kinerja KPU Kabupaten Jombang Tahun 2021 oleh Ketua dan Sekretaris KPU Kabupaten Jombang, di Kampoeng Djawi Kecamatan Wonosalam dengan mematuhi protokol kesehatan, Rabu (27/1), pukul 10.00 sampai selesai. Selain para personel KPU Kabupaten Jombang, turut hadir dalam acara tersebut seluruh Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) beserta Sekretaris.

perjanjian kinerja.jpg 3 jpg

“Perjanjian Kinerja ini adalah juga bentuk komitmen KPU Jombang dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya sekaligus menetapkan target kinerja untuk tahun 2021,” tegas Athoillah, Ketua KPU dalam sambutannya.

Ketua Divisi Program Data dan Informasi KPU, Abdul Wadud Burhan Abadi, menjelaskan proses tersusunnya Perjanjian Kinerja KPU Jombang Tahun 2021 mulai dari penjabaran Renstra dari KPU RI menjadi Rencana Kerja Tahunan (RKT). Kemudian dari RKT dituangkan menjadi kontrak kerja yaitu Perjanjian Kinerja. Setelah Perjanjian Kinerja disahkan, nantinya ada kegiatan pengukuran kinerja, pelaporan kinerja dan evaluasi. Perjanjian Kinerja ada 2 jenis yaitu Perjanjian Kinerja Anggota KPU yang ditandatangani Ketua KPU dan Perjanjian Kinerja Sekretariat yang ditandatangani Sekretaris.

perjanjian kinerja.jpg 1

“Ada 3 sasaran program kerja dalam RKT Anggota KPU yaitu terwujudnya kebijakan bidang politik yang kuat dengan target 100%, terlaksananya optimalisasi penggunaan Sistem Informasi Partai Politik yang andal dan berkualitas dengan target 25%, dan terwujudnya sumber daya manusia dan lembaga KPU yang berkualitas dengan target predikat B untuk indikator kinerja nilai akuntabilitas kinerja, indeks reformasi birokrasi dengan target indikator kinerja 77, dan indikator kinerja nilai keterbukaan informasi publik dengan target 100%,” ungkap Burhan Abadi.

Burhan menegaskan bahwa KPU Jombang sangat serius berkomitmen menyusun RKT yang tertuang dalam Perjanjian Kinerja dengan perencanaan yang matang. Karena hal ini adalah sangat mendasar dan krusial bagi kinerja lembaga KPU.

perjanjian kinerja.jpg 4 jpg

Harapan ke depan, KPU Jombang bisa meningkatkan kinerjanya berdasarkan RKT yang telah disusun baik itu Anggota KPU yang bersinergi dengan Sekretariat KPU. “Kami akan melakukan evaluasi secara periodik terhadap program kegiatan yang telah dilaksanakan,” imbuh Burhan. (nl/dyt/hupmas)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *