Tuntut ASN KPU Makin Profesional Melalui Jabatan Fungsional

Kab-jombang.kpu.go.id- Sejak Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara berlaku, ASN terus dituntut untuk profesional dalam melakukan tugas dan tanggung jawabnya di masa mendatang. Tuntutan kinerja ASN yang mengedepankan profesionalitas yaitu adanya transformasi dari Jabatan Struktural menjadi Jabatan Fungsional sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 28 Tahun 2019 Tentang Penyetaraan Jabatan Administrasi ke dalam Jabatan Fungsional dan Reformasi.

zomm dita

Sangat pentingnya hal tersebut, KPU Kota Jakarta Utara mengadakan terobosan dengan menggelar Webinar Nasional bertajuk Transformasi Jabatan Struktural ke Jabatan Fungsional Bagi ASN di Lingkungan KPU, pada Kamis (19/11), melalui Google Meet. Perwakilan ASN di Sekretariat Jenderal KPU hingga Sekretariat KPU di daerah seluruh Indonesia, antusias menyimak materi dari dua Narasumber utama yaitu Deti Kurniawati SE, MH (Anggota KPU Provinsi DKI Jakarta) dan  Drs Lucky Fimandi Majanto MM (Kepala Biro SDM Sekretariat Jenderal KPU RI). Adapun perwakilan dari Sekretariat KPU Kabupaten Jombang adalah Fitri Maharani Yudhita, S.IP.

“Setelah tranformasi jabatan struktural menjadi jabatan fungsional bagi ASN di lingkungan KPU, diharapkan kinerja para ASN makin meningkat sehingga kualitas lembaga KPU juga makin meningkat,” tegas Deti.

Lucky Fimandi Majanto sebagai Narasumber kedua menjelaskan bahwa transformasi jabatan struktural ke jabatan fungsional dilakukan dengan 3 cara yaitu :  penyetaraan jabatan administrasi ke jabatan fungsional, perpindahan jabatan administrasi ke jabatan fungsional, dan inpassing/penyesuaian jabatan administrasi ke jabatan fungsional. KPU akan melakukan inpassing/penyesuaian dan perpindahan jabatan administrasi ke jabatan fungsional serta menetapkan tenggat waktu pada Desember 2020.

“Proses inpassing dan perpindahan jabatan administrasi ke jabatan fungsional sesuai dengan yang tertuang dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (Permenpan) dan Reformasi Birokrasi Nomor 28 Tahun 2019 dengan mempertimbangkan faktor : kebutuhan organisasi, kualifikasi dan kompetensi individu, batas usia pensiun, dan integritas-moralitas,” tegas Lucky.

Beberapa pertanyaan bergulir dari para peserta webinar tersebut yang menjadi bukti antusiasnya para ASN di lingkungan KPU menyambut transformasi jabatan struktural ke jabatan fungsional. Pertanyaan-pertanyaan itu antara lain : apakah ASN bisa memilih jabatan fungsional seperti yang diinginkan dan sesuai dengan kapabilitasnya, bagaimana dengan sistem/pola kerjanya, dan banyak lagi. (dyt/hupmas)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *