Antusiasnya Siswa SMA 1 Muhammadiyah Jombang Hadiri KPU Goes to School

Kpu-jombangkab.go.id- Rangkaian kegiatan KPU Goes to School – Pendidikan Pemilu untuk Pemilih Pemula oleh KPU Kabupaten Jombang kali ini pada Rabu (4/11), menyasar Para Siswa SMA 1 Muhammadiyah (SMAM 1) Jombang. Sebanyak 25 perwakilan Siswa SMAM 1 Jombang yang tergabung dalam IPM (OSIS) dengan antusias hadir mengikuti Pendidikan Pemilu untuk Pemilih Pemula bersama dua Narasumber utama yaitu Anggota KPU Jombang, Abdul Wadud Burhan Abadi dan Rita Darmawati.

SMAM 1.jpg 3

“Pemuda itu kekuatan bangsa dan menjadi kunci masa depan suatu bangsa dan sebagai Pemilih Pemula sangat diharapkan peduli dengan negara dan bangsa yaitu ikut peduli dan berpartisipasi dalam Pemilu /Pemilihan untuk memilih para Pemimpin bangsa,” ujar Burhan Abadi, Komisioner KPU yang membidangi Divisi Perencanaan dan Data, membuka acara.

SMAM 1

Pada kesempatan itu, Burhan Abadi didampingi oleh Rita Darmawati menjelaskan Undang-Undang Pemilu Nomor 7 Tahun 2017 dan siapa yang disebut Pemilih Pemula berikut syarat-syarat mendapatkan hak pilih. Sejumlah 25 Siswa dari kelas 11 dan 12 menyimak dengan serius.

“Bagaimana jika dalam pemilihan misalnya, cuma ada dua calon saja tapi dua-duanya kurang baik, misalnya sama-sama melakukan suap? Apakah kita tetap harus memilih salah satu atau golput saja,” tanya Nurul, Siswa yang berdomisili di Kecamatan Diwek.

Menjawab itu, Burhan Abadi mengharapkan agar tidak ada satupun dari para Siswa SMAM 1 Jombang yang memilih golput karena golput adalah tindakan yang tidak bertanggung jawab. Hak untuk memilih sebaiknya digunakan sebaik mungkin dan tidak disia-siakan.

SMAM 1.jpg 2

Selain Nurul, ada pula Siswa lainnya yang turut menyampaikan pertanyaan seputar Pemilu. Semisal, Siswa Muhajir menanyakan tentang Kaum Disabilitas dan hak pilihnya, Amin yang bertanya tentang peraturan apa saja dalam Pemilu dan Pilkada, serta Abid yang menanyakan bagaimana sikap menghadapi politik uang suap yang biasa marak dalam hingar bingar penyelenggaraan Pemilu. Semua pertanyaan dijawab tuntas dan lengkap oleh Narasumber sehingga para Siswa puas dengan penjelasan tersebut.

SMAM 1.jpg 1

“Kami berharap setelah rangkaian kegiatan KPU Goes to School, kalian semua datang ke Rumah Pintar Pemilu di kantor KPU Jombang untuk memperkenalkan Rumah Pintar Pemilu dan sekaligus kita buat kegiatan diskusi bersama seputar seluk beluk Pemilu. Saya yakin masih banyak di antara Adik-Adik semua yang masih punya banyak pertanyaan terkait Pemilu dan nanti kita bisa berbagi ilmu,” tegas Rita Darmawati di pengujung acara. (dyt/hupmas)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *