KPU Jombang Goes to School, Sosialisasikan Pemilu pada Pemilih Pemula

kpu-jombangkab.go.id. Guna memberikan pemahaman kepemiluan kepada generasai muda  KPU Jombang melakukan sosialisasi pemilu kepada pemilih pemula, kegiatan bertajuk  KPU Goes To School, dalam kegiatan  tersebut sudah tentu pesertanya adalah mereka para pemilih pemula yang masih duduk di bangku sekolah, rombongan  KPU Kabupaten Jombang  yang di pimpin Anggota KPU Kabupaten Jombang Divisi Sosialisasi SDM Parmas Rita Darmawati dengan di damping dua staf Sekretariat KPU Jombang mendatangi SMK Masna Karim yang berada di  Bulurejo, Kec. Diwek, Jombang guna melakaukan kegiatan tersebut, Selasa, (20/10)

kpu goes to school

Bertempat di Aula SMK Masna Karim Jombang, dengan didampingi  kepala sekolah serta puluhan siswa dan siswi kelas XII, Anggota KPU Kabupaten Jombang Divisi Sosialisasi SDM Parmas Rita Darmawati menyampaikan pengetahuan tentang kepemiluan, siapa pemilih pemula, pengertian pemilu, manfaat pemilu, azas pemilu, pemilu dari masa kemasa, penyelenggara pemilu, cara memilih, hak dan  kewajiban sebagai warga negara untuk terlibat dan berpartisipasi dalam penyelenggaraan tahapan Pemilihan Kepala Daerah maupun Pemilu. Lebih lanjut  Komisioner KPU Jombang yang akrab di panggil Bunda Rita  ini menambahkan program KPU Goes to School bertujuan untuk meningkatkan pertisipasi pemilih, sosialisasi tidak hanya melulu dilakukan pada saat tahapan pemilu tetapi dilakukan secara berkelanjutan, dengan menyasar segmen pemilih pemula yang akan menjadi pemilih potensial pada Pilkada serentak Tahun 2024, kepada pemilih pemula maupun masyarakat yang memiliki hak konstitusi yang sama yaitu bisa dipilih dan bisa memilih.“ Gambaran secara umum mengenai kepemiluan, syarat-syarat apa saja untuk menjadi pemilih, misalnya usia 17 tahun dan memiliki KTP-Elektronik, dan para siswa yang sudah usia 17 dapat mengisi data pemilih berkelanjutan di web KPU Jombang,” imbuhnya.

kpu goes to school.jpg 3

Sementara itu, Kepala SMK Masna Karim, Ibu Enny  mengapresiasi kegiatan KPU Goes To School. Ada 27 peserta didiknya yang mengikuti sosialisasi tersebut. Dimana mereka adalah yang duduk di kelas 12. “Kalau kelas 12 itu usia mereka sudah memenuhi syarat untuk mengikuti pemilu dan  ini dapat memberikan wawasan dan pemahaman bagi peserta didiknya dalam menghadapi pesta demokrasi lima tahunan ,” jelasnya.

kpu goes to school.jpg 2

Para siswa tampak sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut, karena berada dimasa pandemi, proses sosialisasi diselenggarakan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat, selain dilengkapi alat pelindung diri, peserta di tiap kegiatan  juga dibatasi 25 orang dan sosialisasi di akhiri dengan pemberian cendramata darai KPU Jombang Kepada Kepala sekolah SMK Masna Karim. (ag/hupmas).

kpu goes to school.jpg 1

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *