KPU Jombang ikuti Sosialisasi Pedoman Pelaksanaan Penerimaan dan Pengeluaran Negara pada Akhir Tahun Anggaran 2020 ,Via Daring

kpu-jombangkab.go.id. Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Mojokerto gelar Video Conference Sosialisasi Sosialisasi Pedoman Pelaksanaan Penerimaan dan Pengeluaran Negara pada Akhir Tahun Anggaran 2020, secara daring  dengan satuan kerja di wilayah kerja KPPN Mojokerto, dari KPU Kabupaten Jombang diwakili  Kepala Sub Bagian Hukum, Achmad Syaifudin sekaligus PPSPM KPU Kabupaten Jombang dan Heri Subagyo,Kepala Sub Bagian Keuangan, Umum, dan Logistik sekaligus Pejabat Pembuat Komitmen KPU Kabupaten Jombang, Heri Subagyo,Rabu (14/10).

kpu dg kppn ok

Sosialisasai ini diadakan berdasarkan Peraturan Direktur Jenderal Nomor PER-20/PB/2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Penerimaan dan Pengeluaran Negara pada Akhir Tahun Anggaran 2020. Tetapi karena keadaan yang tidak memungkinkan untuk melaksanakan sosialisasi secara tatap muka, maka KPPN Lahat melaksanakan sosialisasi tersebut secara virtual melalui aplikasi zoom.

kpu dg kppn.jpg 1

Dari KPPN Mojokerto yang diwakili ibu  Indi, penyampaian materi tentang Pedoman Langkah-langkah Akhir Tahun Anggaran Bagi Satker Rencana Penarikan Dana Harian . Dari sosialisasi yang diadakan melalui zoom tersebut, dapat kita simpulkan beberapa hal dari materi tersebut. Berikut merupakan batas waktu pengajuan  Pengajuan SPM-LS dengan Jaminan Pembayaran Akhir Tahun Anggaran oleh PPSPM ke KPPN. “ Ujar Mbak Indi , Narasumber dari KPPN Mojokerto.

kpu dg kppn.jpg 3

Adapun latar belakang langkah-langkah akhir tahun anggaran dalam mengendalikan saldo kas negara serta persiapan tutup buku pada akhir tahun anggaran, Menteri Keuangan berwenang mengatur penerimaan negara dan pengeluaran negara pada ahir anggaran, satker bisa membuat langkah stategi ahir tahun  dengan bedah DIPA dengan  target realisasi 95%, klasifikasi mekanisme pembayaran (UP/TUP, LS), klasifikasi jenis SPM (kontraktual – non kontraktual), rencana penarikan dana. Satker bisa buat kalender, jenis SPM, waktu pengajuan ke KPPN, dokumen persyaratan spm. monev, penyerahan BAPP  ke KPPN, penyetoran sisa UP, tindaklanjut penolakan spm oleh kppn serta koordinasi internal dan eksternal,” Ujar Indi

kpu dg kppn.jpg 2

“Dengan  Kegiatan sosialisasi tersebut, satker akan terus berkoordinasi untuk pelaksanaan anggran ahir tahun memaksimalkan realisasi ,” Ujar  Heri Subagyo. (ag/hupmas)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *