KPU Jombang menghadiri, Apel Kampanye Penggunaan masker dalam rangka penerapan adaptasi kebiasaan baru

kab-jombang.kpu.go.id Ketua KPU Kabupaten Jombang, Athoillah menghadiri apel kampanye penggunaan sekaligus pembagian masker dalam rangka penerapan adaptasi kebiasaan baru untuk mendukung percepatan penanganan Covid – 19 dan pemulihan ekonomi nasional di Alon – alon Jombang, Kamis (10/09).

apel masker.jpg 2

Apel tersebut dipimpin langsung oleh Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab yang didampingi oleh Kapolres Jombang AKBP Agung Setyo Nugroho, S.I.K dan Kasdim 0814/Jombang Mayor Inf. M. Run Harjono.

apel masker.jpg 3

Dalam sambutannya, Bupati menegaskan apel ini adalah gerakan kampanye nasional yang dilakukan kementrian kesehatan untuk mencegah penularan Covid – 19, gerakan tersebut dinamakan “Kampanye nasional jangan kedor disiplin pakai masker dilakukan sejak mulai 10 Agustus sampai 06 September 2020, demi penyiapkan masyarakat terhindar dari Covid – 19”.

Lanjut Bupati, untuk menjamin kepastian hukum yang telah ditetapkan Inpres (intruksi Presiden) No 6 Tahun 2020 tentang disiplin protokol kesehatan dan penyegahan Covid – 19, dan Perbup No 57 Tahun 2020 tentang disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan sebagai upaya dan pencegahan pengendalian Covid – 19 di Jombang.

apel masker.jpg 1

Sanksi bagi masyarakat yang melanggar protokol kesehatan di tempat atau di fasilitas umum, pada pasal 10 Perbup 57 Tahun 2020 tentang sanksi yang diberikan kepada masyarakat yang melanggar yaitu sanksi adminitratif berupa teguran tertulis, kerja sosial memberikan sarana fasilitas umum dengan mengenakan rompi, dan denda adminitratif minimal sebesar Rp. 100.000 yang disetorkan oleh SatPol PP ke rekening kas daerah kapubaten jombang paling lambat 1 x 24 jam, sanksi tersebut berlaku mulai tanggal 23 september 2020.

Apel dilanjutkan dengan tanda tangan untuk kesepakatan bersama dalam penyegahan dan penangan Covid -19 di Jombang, dimulai dari Bupati, Wakil Bupati, Sekda, Kapolres dan Kasdim 0814/Jombang, termasuk Ketua KPU Dan Bawaslu Jombang, perwakilan dari masing – masing pleton peserta apel, diteruskan dengan konvoi sosialisasi penggunaan masker sepanjang Jalan Wahid Hasyim keliling ke Jalan RE Martadinata Jombang menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat.

apel masker

Saat wawancara, Bupati menjelasakan bahwa masyarakat Jombang masih minim untuk memakai masker, sehingga atas dasar inilah kita membuat Perbup No 57 Tahun 2020 dan juga implementasi Inpres No 6 Tahun 2020.

“Tujuan kita membuat Perbup no 57 Tahun 2020 adalah untuk memberikan sanksi pada masyarakat yang tidak disiplin dalam memakai masker,” jelas Bupati.

Apel diikuti peserta dari TNI, POLRI, SATPOL PP, DISHUB, dan berbagai ormas di Kabupaten Jombang, mulai dari Senkom Jombang, Kokam Jombang, Pemuda Pancasila Jombang, Ansor Jombang, Rapi Jombang, Paguyupan Ojol, Otomotis dan Onthel Jombang.( Ag/Hupmas)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *