Unibraw Gelar Penelitian Partisipasi Pemilih Penyandang Disabilitas Di Jombang

kpu-jombangkab.go.id. KPU Kabupaten  Jombang menerima rombongan peneliti dari Universitas Brawijaya Malang,  Muhammad Dahlan,SH,MH, salah satu Dosen Universitas Brawijaya Malang  dengan dua mahasiswanya yaitu Syahrila danFeri di terima langsung oleh Anggota KPU Jombang Rita Damayanti, As’ad Chpiridin, Ayatulloh Chimainai, Hanif Purwanto Sekretaris KPU Jombang dan Burhani Staf teknis KPU Jombang di ruang rapat KPU Jombang dengan tetap mematuhi protokol kesehatan,Jumat (4/8).

unubraw

Muhammad Dahlan,SH,MH, salah satu Dosen Universitas Brawijaya Malang  menyatakan bahwa  partisipasi politik bukan hanya soal pemilu (turn out voter), keterlibatan dalam perubahan kebijakan, dalam penelitianya  dengan memetakan pola partisipasi kelompok difabel agar nantinya dapat digunakan basis penguatan kapasitas untuk pemberdayaan masyarakat. Selain itu partisipasi politik kelompok difabel masih sangat terbatas sehingga tidak mampu mempengaruhi kebijakan publik, kelompok ini sangat membutuhkan perhatian dan pelayanan khusus, mereka memiliki hak yang sama sebagai warga negara Indonesia, memiliki kedudukan yang sama di mata hukum. Sebagai seorag dosen/ pengajar, Hukum pemilu merupakan salah satu mata kuliah wajib pada program Studi Hukum Tata Negara di Fakultas Hukum Universitas Brawijaya Malang.“kami ingin mengangkat problematika kelompok difabel ini dalam sebuah penelitian ilmiah  yang nantinya karya ilmiah ini bisa mendapat perhatian semua pihak, khususnya penyelengara pemilu dalam melaksanakan sosialisasi pada  pemilih difabel yang tepat sasaran dan hasil penelitian tersebut akan di publikasikan pada jurnal Perkumpulan Pemilu untuk Demokrasi (Perludem) dan salah satu universitas di Australia,” Ujarnya Muhammad Dahlan.

unibraw 3

Rita Damayanti , Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Jombang menyampaiakan terima kasih atas kunjungan rombongan peneliti dari Universitas Brawijaya Malang. Secara umum tingkat partisipasi pemilih dari kalangan penyandang disabilitas dianggap masih rendah, setelah gelaran pemilu, diketahui tingkat partisipasi pemilih dari kalangan difabel ada di bawah 50%. Sebelum gelaran pemilu dimulai, KPU Jombang mencatat, ada 2.509 orang difabel yang masuk daftar pemilih. Namun yang datang ke TPS untuk memilih hanya sampai 32%. Menurut Rita , pihaknya sudah mengupayakan agar TPS bisa dijangkau oleh pemilih difabel.”Kami memberikan bimtek pada KPPS agar memberikan perspektif inklusi di TPS. Kami dorong KPPS agar sampaikan C6 sekaligus menginformasikan lokasi TPS itu aksesibel,” Ujar Rita Damayanti Mantan Ketua PPK Mojoagung Jombang.

unibraw 4

Pada pemilu serentak 2019  KPU Jombang juga merekrut 55 orang relawan demokrasi dari berbagai basis segmen masyarakat, salah satu basis masyarakat yang ada di relawan demokrasi yaitu kalangan difabel. Secara umum, partisipasi pemilih di gelaran pemilu tahun ini melampaui targetnya mencapai angka 83 persen, angka ini di atas target yang dicanangkan KPU  Kabupaten Jombang sebesar 77,5 persen. Beberapa kegiatan sosialisasi dilakukan untuk mendongkrak partisipasi pemilih.”Kami juga sudah menggelar beberapa kegiatan yang melibatkan massa banyak seperti Lomba Musik, Pemilu Run dan Konser music, kegiatan ini untuk memperbesar gaung dari pemilu 2019 dengan selalu mengundang dan mengandeng Penyandang Disabilitas,” Jelas Rita.

unibraw 2

Ayatulloh Chumaini Anggota KPU Jombang Divisi Hukum dan Pengawasan menambahkan bahwa, Pendidikan  politik  bagi  masyarakat  sangat  diperlukan  agar  mereka  dapat  menentukan  pilihan politiknya secara cerdas dan untuk menjamin kualitas hasil pemilu, pekerjaan itu tidak hanya tugas penyelengara saya , tapi  kewajiban kita semua sebagai warga negara. ” Memilih dan dipilih adalah salah satu hak asasi bagi manusia, untuk itu parpol  adalah salah  satu  pilar demokrasi yang idealnya memberikan pendidikan politik dan pencerahan kepada rakyat sebagai konstituennya, sebagaimana  pasal 11 ayat 1 UU No 2 tahun 2011 tentang Partai Politik, sebagai sarana pendidikan bagi masyarakat luas agar menjadi warga Negara Indonesia yang sadar akan  hak  dan  kewajibannya  dalam  kehidupan  masyarakat.” Ujar Ayat.

unubraw.jpg 1

Sedangkan Hanif Purwanto Sekretaris KPU Jombang, menyampaikan apabila Brawijaya memerlukan data guna mendukung penelitian maupun pendampingan  lainya  segera dicukupi serta  sampaiakan terima kasih atas kunjunganya dan siap bekerja sama dengan UNIBRA,” Ujar Hanif ( ag/Hupmas).

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *