Pemilihan Serentak 2020 di Jawa Timur, Optimis Target Partisipasi Terpenuhi

kpu-jombangkab.go.Himbauan dan kebijakan pemerintah dalam memutus rantai penyebaran virus corona di Tanah Air sangat berimbas pada upaya sosialisasi pelaksanaan Pilkada serentak  2020, Hal ini memaksa KPU Jawa Timur menyusun strategi khusus dalam melakukan pendidikan pemilih. Upaya ini demi mendongkrak tingkat partisipasi pemilih dalam gelaran pemilihan serentak 2020, sebagaimana angka partisipasi masyarakat harapan KPU RI di situasi pandemi covid-19.Dengan mengelar Focus Group Discussion (FGD)/Diskusi Kelompok Terarah, dengan Peserta FGD terdiri dari unsur akademisi, perwakilan disabilitas, Koalisi Perempuan Indonesia (KPI), blogger, kelompok netizen, OKP, stakeholder terkait antara lain Dinas Kominfo, Dinas Pendidikan, 19 KPU kabupaten/kota penyelenggaran Pemilihan 2020 serta beberapa KPU kabupaten/kota yang tidak menyelenggarakan Pemilihan 2020. Kamis (27/8).

fgd kpu proponsi

Acara yang di buka langsung Ketua KPU Provinsi Jawa Timur, Choirul Anam dengan di damping, Divisi Sosdiklih dan Parmas, Gogot Cahyo Baskoro, Divisi SDM dan Litbang, Rochani, Divisi Data dan Informasi, Divisi Perencanaan dan Logistik, Miftahur Rozaq, serta Nurul Amalia,  menyampaikan bahwa KPU RI memberikan target kepada jajaran di bawahnya, bahwa partisipasi Pemilihan 2020 77,5 persen. “Meskipun di masa pandemi, kita selalu di Jawa Timur tetap optimis bisa melampaui target tersebut, karena menilik dari Pemilu 2019, tingkat partisipasi pemilih masih sangat tinggi,” Ujarnya

fgd kpu proponsi.jpeg 1

dengan menggandeng berbagai element, organisasi dan tokoh masyarakat serta media. Sosialisasi melalui media baik media audio, audio visual atau media sosial sangat efektif dilakukan saat penerapan tatanan normal baru dimasa pandemi covid-19. “Ujar host pada FGD  Agnes Santoso yang juga  host di TV swasta Jawa Timur.

fgd kpu proponsi.jpeg 2

Dalam FGD banyak mendapatkan masukan dan rekomendasi dari berbagai pihak yang berasal dari berbagai unsur masyarakat selain upaya menggandeng berbagai elemen, kelompok atau komunitas, organisasi masyarakat, kepemudaan, serta netizen. Meski dengan tantangan berat, namun KPU Jatim bersama19 Kab/Kota di Jatim yang kini menggelar Pemilihan Serentak optimistis sukses dengan tingkat partisipasi yang tinggi.”dengan  Strategi yang dirancang secara masif tidak hanya kab/kota yang menggelar pilkada, namun semua lembaga kpu di jatim,” tambah Anggota Kpu Jatim divisi sosdiklih parmas, Gogot cahyo baskoro.

fgd kpu proponsi.jpeg 3

FGD yang digelar KPU Jatim dengan melibatkan semua anggota KPU kab/Kota divisi sosdiklih parmas dan SDM Selama dua hari 27-28 Agustus 2020, guna Penyusunan Konsep Pendidikan Pemilih diera Pandemi dari KPU Kabupaten Jombang di wakili Rita Damayanti ( ag/Hupmas)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *