KPK Gelar Bimtek Pengendalian Gratifikasi, Pada Jajaran KPU Jombang


Pemberantasan Korupsi menyelenggarakan Bimtek Pengendalian Gratifikasi secara daring (e-learning). Dengan melibatkan seluruh jajaran KPU Kabupaten Jombang  yaitu pimpinan/komisioner, aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan KPU,dan tenaga non ASN KPU Jombang kurang lebih 28 orang, Rabu (26/9).

bimtek dg kpk.jpg 3

“Yang sebelumnya KPU Jombang  bersurat kepada KPK untuk mengajukan permohonan e-learning anti korupsi, dan masing-masing dari kami diberi akun melalui  laman elearning.kpk.go.id,” Ujar Athoillah,SH Ketua KPU Jombang.

bimtek dg kpk.jpg 1

Athoillah mengatakan, kegiatan ini dilakukan meningkatkan integritas sebagai penyelenggara negara dalam kepemiluan dengan tujuan Memahami korupsi, dampak penyebab dan cara mengatasinya, menumbuhkan kesadaran untuk berperan melawan korupsi,memahami niai integritas dan cara mengaktualisasikannya dalam kehidupan sehari-hari maupun maupun bekerja,” Ujarnya

ayat

Sementara itu Ayatulloh Chumaini Angota KPU Jombang Divisi Hukum dan Pengawasan  menyatakan, Pengaturan dan penyebutan gratifikasi secara spesifik dikenal sejak disahkannya Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan atas Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (UU Tipikor), memberikan kewajiban bagi ASN atau penyelenggara negara untuk melaporkan pada KPK setiap penerimaan gratifikasi yang berhubungan dengan jabatan dan berlawanan dengan tugas atau kewajiban penerima. Dalam  bimbingan teknis  ini  bagian dari upaya pencegahan korupsi melalui proses pembelajaran dengan mengunakan Modul e-Learning Pengetahuan Dasar Antikorupsi dan Integritas yang  bersumber dari portal pembelajaran antikorupsi yang dapat diakses di  https://aclc.kpk.go.id/.,” Tegas Ayat.

bimtek dg kpk.jpg 2

Lebih lanjut, ia mengatakan kegiatan pelatihan/ bimtek   bagian dari upaya pencegahan korupsi melalui proses pembelajaran setiap peserta pembelajaran akan dievaluasi melalui tes awal, kuis  materi Korupsi dan Integritas, memahami Gratifikasi, Program Pengendalian Gratifikasi (PPG) dan Unit Pengendalian Gratifikasi (UPG),Tata Cara Pelaporan, Checklist Review UPG, Identifikasi Area Rawan Gratifikas dan pemecahan studi kasus serta tes akhir untuk mendapatkan bukti kelulusan berupa sertifikat e-learning dan Alhamdulillah semua mendapatkan sertifikasi,” Ungkap Ayartulloh. (ag/Hupmas).

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *