KPU Jombang Peduli Pendidikan, Siswa Sekolah Padati Rumah Pintar Pemilu Gusdur.

kpu-jombangkab.go.id Sejumlah siswa-siswi Sekolah Dasar mulai memanfaatkan wifi gratis yang disediakan oleh KPU Kabupaten Jombang di RPP Gusdur, dengan  berboncengan  sepeda onthel dari rumah masing-masing, para siswa menuju  ke  KPU Jombang secara bersamaan, Selasa (18/8).

waifi gratis.jpeg 5

Hal ini dilakukan untuk memudahkan mendapatkan akses internet agar proses pembelajaran mereka dapat berjalan lancar selama masa belajar online. Ketua KPU Jombang Athoilah mengatakan bahwa mereka yang ingin memanfaatkan fasilitas internet diwajibkan menerapkan protokol kesehatan, ” Wajib mencuci tangan terlebih dahulu dengan sabun atau hand sanitizer. Selain itu, juga wajib memakai masker serta menjaga jarak untuk mencegah penyebaran COVID-19″ ujar Athoillah.

waifi gratis.jpeg 2

Athoillah menyampaikan, kondisi itu sudah berjalan selama sepekan terakhir. “Awalnya, hanya segelintir siswa saja, lalu menyebar hingga banyak yang datang untuk memanfaatkan fasilitas Wifi gratis , selain pengumumkan kegiatan ini  di media sosial dan WhatsApp (WA) grup, Kita juga sudah berkoordinasi  dengan kepala desa sini. Kebetulan di sini dekat SD dan ada warga sekitar yang memerlukan akses internet, dan tanggapannya baik, akhirnya hari ini banyak para siswa  memanfaatkan wifi gratis yang di sediakan KPU Jombang tercatat ada sekitar 35 siswa siswi SDN Sumbermulyo 2 Kecamatan Jogoroto yang  datang dengan  naik sepeda onthel dari rumah kesini,” Ujar Mas Atok biasa dia dipanggil.

waifi gratis.jpeg 4

KPU Jombang  sengaja memberikan akses wifi gratis untuk membantu warga sekitar yang memerlukan akses internet untuk belajar. Sebab, hampir semua sekolah memberlakukan metode daring. Fasilitas itu berada di ruang terbuka rumah pintar pemilu (RPP) Gus Dur, di kantor KPU Jombang “Kebetulan di KPU ada rumah pintar pemilu yang ada akses WiFi-nya. Saya pikir kenapa tidak kita memanfaatkan itu untuk warga yang memerlukan. Lalu kami rancang RPP ini, kami tata lagi dan perkuat jaringannya untuk masyarakat secara gratis,” imbuh Athoillah.

waifi gratis.jpeg 3

 

Sedangkan  Komisioner KPU Jombang Divisi Sosdiklih,SDM dan parmas, Rita Damayanti menyatakan ide penyediaan wifi gratis ini sudah muncul sejak awal pandemi. Namun baru bisa terealisasi pada awal bulan  ini, minat siswa untuk belajar cukup tinggi. Hari ini saja sekitar  tiga puluh lima  siswa-siswi SDN Sumbermulyo 2  datang untuk belajar daring. Sebagai  seorang  ibu , Rita juga  juga memahami masalah data internet bagi anaknya belajar online dan perlu pendampingan, Keterpanggilan inilah yang melatar belakangi KPU Jombang  untuk ikut terlibat menyelamatkan masa depan generasi penerus bangsa, dengan cara berpartisipasi ikut menyediakan kuota internet secara cuma-cuma. “Di RPP, kita sudah fasilitasi tempat duduk berjarak serta fasilitas ces  listrik. Selain itu,  juga menyiapkan laptop apabila di perlukan. Mereka yang datang kesini hanya perlu mematuhi mematuhi protokol kesehatan, selama jam sekolah dan tidak main game on line ,” Ujar Rita.

waifi gratis.jpeg 1

 

Sementara Itu, Amelia , seorang siswi kelas V SDN 2 Sumbermulyo   mengaku senang dengan adanya fasilitas internet gratis yang disediakan oleh KPU Jombang sangat membantu  dalam belajar secara  online Terlebih ia bisa lebih mudah mengerjakan tugas dari sekolah karena internetnya lancar, Amelia  berharap pandemik COVID-19 ini segera berakhir,” harap Amelia.

waifi gratis

 

Hal sama dikatakan  Novan mengaku dirinya terbantu dengan internet gratis yang diberikan oleh KPU Jombang .”Sangat terbantu dan hemat juga. Awalnya saya belajar di rumah menggunakan paket data, tapi sekarang paket data saya habis. Karena ada WiFi gratis, saya akhirnya memutuskan untuk belajar di sini,” kata siswa kelas V SDN I Sumbermulyo.

Basuki guru yang mendampingi siswa menyampaikan terima kasih pada KPU Jombang dan  berharap, apa yang dilakukan KPU Jombang dengan Wifi gratis sangat membantu proses belajar dan mengajar secara daring karena keterbatasan data internet para siswa, Beliau juga berpesan pada siswanya agar, memanfaatkan Wifi gratis  tidak menyalahgunakannya untuk bermain game on line dan  berharap pandemik COVID-19 ini segera berakhir Sehingga, siswa bisa bersekolah seperti sedia kala,” Ujar Basuki. (ag/humas)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *