DPRD Kabupaten Jombang Undang KPU, Bahas Anggaran Pilkada Serentak 2024

kpu-jombangkab.go.id. Pemerintah Kabupaten Jombang bersama DPRD membahas raperda pembentukan dana cadangan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Jombang tahun 2024 (13/7). Pembahasan raperda dengan agenda penyampaian KPU Kabupaten Jombang tentang usulan dana cadangan. Rapat dipimpin oleh Muhammad Muhaimin  ketua badan pembentukan perda DPRD Kabupaten  Jombang, dihadiri semua fraksi yang ada di DPRD Kabupaten Jombang dan sejumlah Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah).

1

Dalam rapat ini Muhammad Muhaimin, menyampaikan penyusunan dan pembahasan Raperda Kabupaten Jombang  tentang pembentukan Dana Cadangan telah mengakomodir usulan, masukan dan pendapat dari anggota serta instansi terkait yang disesuaikan dengan koridor peraturan perundang-undangan yang berlaku dan memenuhi syarat untuk disahkan menjadi peraturan daerah. Dana Cadangan ini akan disiapkan mulai tahun 2021.

Ketua KPU Kabupaten Jombang, Athoillah,  memaparkan bahwa, Anggaran Pilkada serentak dengan sebesar 68,9 M dengan catatan jumlah tersebut bersifat sementara. “Sangat mungkin terjadi perubahan dikarenakan beberapa faktor antara lain perubahan regulasi, perubahan jumlah pemilih dan KK, kebutuhan operasional penyelenggara serta perubahan standar biaya, sharing anggaran dengan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur dan juga faktor lainnya yang mempengaruhi,” terang Athoillah.

4

Ditambahkannya, apabila situasi sama dengan sekarang, yaitu pandemi covid-19 nantinya, penyelenggara akan menjalankan protokol kesehatan. Maka anggaran yang dibutuhkan KPU Jombang dalam pelaksanaan Pilkada bisa bertambah.

Sementara itu Saichu anggota fraksi Arsy, menyampaikan anggaran yang disampaikan KPU tersebut mencukupi untuk kebutuhan Pilbup saat pandemik. “Saya kira anggaran yang disampaikan KPU bisa di optimalkan, meskipun situasi Pilkada masih dalam pandemi” Ujar Saichu.

Politisi PAN ini menambahkan terkait kebutuhan dana pilkada nantinya juga akan dilakukan sharing dengan propinsi karena pelaksanaan Pilkada serentak dengan Pemilihan Gubernur dan wakil gubernur. “Dilihat dari pilkada-pilkada sebelumnya, nanti juga akan dilakukan sharing anggaran dengan propinsi”.

3

Kepala BPKAD (Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah) Kabupaten Jombang, Muhammad Nasrulloh, pihaknya akan membahas usulan ini pada panitia anggaran . “Tentu usulan ini, nantinya akan kita bahas dengan panitia anggaran lebih lanjut” tegasnya.( Ag/Hupmas)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *