Jalankan Reformasi Birokrasi, KPU Jombang Gelar Internalisasi

IMG-20200625-WA0037

 

Jombang, kab-jombang.kpu.go.id,

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Jombang menggelar acara internalisasi Reformasi Birokrasi (RB) satker setempat. Internalisasi merupakan sub kegiatan dari dua agenda besar dalam amanah Reformasi Birokrasi, yakni Pelaksanaan Manajemen Perubahan, selain Pembentukan Tim Reformasi Birokrasi.

Screenshot_2020_0625_180015

Divisi SDM dan Litbang KPU Provinsi Jatim Rochani mengapresiasi positif atas inisiasi yang sudah dilaksanakan oleh KPU Jombang dalam melaksanakan kegiatan RB. Dia menandaskan, KPU Jombang telah melaksanakan amanah KPU RI melalui surat dinas KPU Provinsi tertanggal awal tahun ini.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini. Sebenarnya, tanpa diminta secara formal, seharusnya KPU kabupaten atau kota lainnya di Jatim harus melaksnakan agenda ini. Sebab, RB ini merupakan agenda pemerintah pusat sejak tahun 2010,” ujar Rochani yang saat itu didapuk menjadi pembicara kegiatan internalisasi RB KPU Jombang, Kamis (25/6).

Dia melanjutkan, agar pelaksanakan RB dapat berjalan continue, dibutuhkan kesadaran pada masing masing pegawai di lingkungan Satker KPU Jombang. “Memang dibutuhkan kesadaran tinggi bagi ASN di Satker KPU Jombang. Minimal setiap individu sadar, bahwa setiap rupiah yang diterima ada bentuk tanggungjawabnya. Bentuk tanggungjawab tersebut salah satunya adalah melalui kegiatan RB ini,” terangnya.

IMG-20200625-WA0036

Dalam laporannya, Ketua KPU Jombang Athoillah menyampaikan, selain kegiatan internalisasi RB, dalam waktu dekat pihaknya juga akan memberikan penghargaan bagi pegawai yang dinilai berprestasi. Tentu, imbuh dia, penghargaan ini merupakan bagian dari pelaksanaan RB di KPU Jombang. “ Perlu kami sampaikan, setelah internalisasi, tidak kalah pentingnya dalam kegiatan RB adalah pemberian penghargaan bagi pegawai yang berprestasi,” tandasnya.

Sementara, Sekretaris KPU Jombang Hanif Purwanto meminta kepada KPU Provinsi untuk terus mengawal kegiatan RB yang telah dilaksanakannya. Hanif mengatakan, di dalam kegiatan RB ada kaitannya dengan kebijakan KPU Jombang yang dituangkan dalam bentuk program kerja. “Kami khawatir program kerja yang sudah kami laksanakan tidak sesuai dengan program kerja KPU RI. Pada hal ini kami meminta petunjuk kepada KPU Provinsi agar dalam melankah kami tidak cacat secara kinerja,” pintanya.

Usai internalisasi, langsung dilanjutkan dengan kegiatan sosialisasi internal terkait mekanisme penilaian terhadap pegawai yang berprestasi. Hanif menjelaskan, pegawai yang dinilai adalah staff. Teknisnya, kata dia, semua staf akan menilai rekan kerjanya masing masing. Setelah itu, hasil nilai tersebut akan dirumuskan oleh tim penilai yang terdiri dari Sekretaris, Kasubag, dan Komisioner.

Kegiatan internalisasi tersebut berlangsung secara daring dan normal seperti biasanya. Sebab, di masa pandemik Covid 19 ini, sebagian pegawai KPU Jombang melaksanakan kerja secara work from home (WFH). Sementara, acara normal seperti biasa dilaksakan di gedung Husni Kamil Malik (HKM) KPU Jombang dengan memperhatikan protokol kesehatan Covid 19.

Untuk diketahui, selain Pelaksanaan Manajemen Perubahan, KPU Jombang juga telah membentuk  Tim Reformasi Birokrasi, salah satu agenda penting dalam pelaksanakan RB. Tim Reformasi Birokrasi KPU Jombang tersebut antara lain; Tim Pengarah, Tim Pelaksana, Tim Manajemen Perubahan, Tim Penguatan Pengawasan, Tim Penguatan Akuntabilitas Kinerja, Tim Penguatan Tata Laksana, Tim Penguatan SDM, Tim Penguatan Peraturan Perundang undangan, dan Tim Penguatan Kualitas Pelayanan Publik. (As/humas kpu jombang)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *