Jalankan Agenda Reformasi Birokrasi KPU Jombang Gelar Knowledge Sharing di Masa WFH

kab-jombang.kpu.go.id., Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Jombang Jombang menggelar knowledge sharing reformasi birokrasi berbasis zoom meeting dengan seluruh staf. Knowledge sharing dibuka dan dipimpin oleh Ketua KPU Jombang  Athoillah, didampingi Ketua Divisi Sosialisasi dan Parmas Rita Darmawati, yang dimulai pada Pukul 10.30WIB. Knowledge  sharing tersebut membahas topik intensifikasi kehumasan, bagian dari reformasi birokrasi di lingkungan KPU Kabupaten Jombang. Kamis (30/4).

rapat tgl 30 1

Knowledge sharing dimulai dengan penyampaian pandangan dari Rita Darmawati, S.Sos Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat terkait topik rapat kehumasan dan pengelolaan informasi Publik. Kehumasan mempuanyai posisi yang sangat stategis memberikan citra baik dan buruknya citra suatu lembaga  dan Pemilu erat dengan kepercayaan public, untuk membangun kepercayaan, salah satunya adalah dengan keterbukaan penyediaan informasi, penguatan akuntabilitas kinerja, peningkatan kualitas pelayanan publik  dan penyediaan data.

”Siapakah Humas KPU? kita semua keluarga besar KPU,” ujar Rita Darmawati.

rapat tgl 30 4 jpg

Dengan knowledge sharing diharapkan peran humas tidak hanya hanya sekedar mendokumentasikan kegiatan, dalam pelaksanaan reformasi birokrasi peran humas diharapkan secara internal organisasinya mampu  mengkomunikasikan kepada para pegawai dalam program reformasi birokrasi lembaganya, sedangkan keluar mempu menjadi juru bicara organisasi itu sendiri.

rapat tgl 30 2

Rita Darmawanti menambahkan kita harus mampu memanfaatkan kebebasan di dalam komunikasi yang ada, di semua media laman resmi dan media sosial yang dimiliki lembaga KPU dan personal anggota KPU di semua tingkatan. ”Semua media kita  manfaatkan sebagai media publikasi dalam mengkampanyekan kinerja lembaga kita,” harap Rita.

rapat tgl 30

Dilanjutkan dengan pandangan analisis tingkat partisipasi masyarakat dalam pemilu 2019 yang disampaikan oleh Deni Laksono kasubag teknis dan hupmas. Jombang juga dikenal dengan sebutan Kota Santri, tingkat partisipasi politik masyarakat di Kabupaten Jombang mengalami pasang surut, pada awal reformasi tahun 1999 dan pemilu 2019 merupakan parmas naik setelah pemilu 1999, tingkat parmas pemilu 2019 Kecamatan Ngoro tingkat parmasnya terendah sedangkan Kecamatan Ngusikan tertinggi diikuti  wilayah utara Sungai Brantas. ”Alhamduliilah pada pemilu 2019, KPU Jombang berhasil melampaui target 76% Partisipasi masyarakat, hingga mencapai 83,49%. Dibandingkan dengan angka partisipasi masyarakat pada pemilu 2014, angka partisipasi di Kabupaten Jombang memiliki rentang kenaikan partisipasi 7,2 %,” papar Deni.

Deni menambahkan Jombang memiliki kategori parmas yang cukup baik, sejak pemilu 1999 angka partisipasi selalu berada di atas 70%, kecuali Pikada Gubernur Jatim putaran kedua  tahun 2008 dan tahun 2013.

“Tingginya frekuensi kegiatan sosialisasi dari kelompok masyarakat, komunitas, kesadaran masyarakat, pers, medsos dan kerja keras komisioner dan teman-teman sekretariat merupakan salah satu strategis meningkatkan partisipasi pada pemilu kemarin,” ulas Deni.

rapat tgl 30 3 jpg

Setelah agenda paparan dari kedua narasumber  dan mendiskusikan serta  tanya jawab, terkait isu topik yang dibahas dengan mengidentifikasi persoalan yang dibahas dan lanjutkan dengan  mengecek kondisi kesehatan peserta, dari laporan semua peserta rapat seluruh jajaran staf sekretariat. “Alhamdulillah, seluruh jajaran KPU Jombang ada dalam kondisi sehat,” Ujar Athoillah Ketua KPU Jombang saat memimpin diskusi.

Acara knowledge sharing berbasis zoom meeting bersama seluruh staf ditutup sekitar pukul 12.00 setelah sesi tanya jawab dibahas tuntas. Rapat  ditutup oleh Ketua KPU Jombang Athoillah dan berpesan kepada  seluruh jajaran KPU Kabupaten Jombang, sesuai  dengan Surat Edaran KPU Kabupaten Jombang nomor 14/3517/KPU-Kab/IV/2020, dengan  tidak mudik, selalu menggunakan masker, menjaga jarak aman (social/physical distancing) dan melaporkan secara aktif kondisi kesehatan yang berkaitan dengan COVID-19 di tempat masing-masing.*(*hupmas/ag*)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *