Relasi KPU Jombang ajak Pemilih Pemula Jadilah Pemilih Yang Aktif dan Cerdas

Kpu-jombangkab.go.id. Semakin dekat Pelaksanaan pemillu 2019. Karena itulah, KPU Jombang  semakin inten sosialisasi ke berbagai kalangan, termasuk melalui tim Relawan Demokrasi (Relasi).Seperti dilakukan tim Relasi Basis Pemula. Mereka sosialisasi pemilu 2019 di MA Faser Jl Raya Panglungan Wonosalam Jombang, Sasaran sosialisasi yakni para pelajar  Madrasah Aliyah ( MA) KPU Sambang Sekolah” Jadilah Pemilih Pemula Yang Aktif dan Cerdas setingkat SMA, Sabtu ( 23/3).

man faser pemilih pemula

Kegiatan ini melibatkan siswa siswi kelas tiga baik dari jurusan IPA maupun IPS. Substansinya adalah mengedukasi pendidikan politik bagi para pemilih pemula untuk memotivasi semangat demokrasi mereka,” Uajar koordinator Relasi Basis Pemilih Pemula, Sinta

man faser pemilih pemula.jpeg1

Komisioner KPU Divisi Hukum Atoilah SH , Mengatakan, dalam konteks Pemilu khususnya di Indonesia, terdapat klasifikasi jenis-jenis pemilih. Salah satunya adalah pemilih pemula atau pemilih yang menanjak usia 17 tahun keatas dan dijamin Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Peserta pemilu dalam Pemilu 2019 terdiri dari pasangan capres-cawapres, partai politik dan perseorangan (calon anggota DPD).”Untuk capres-cawapres dan DPD, surat suaranya terdapat foto calon. Sementara partai politik yakni calon legislatif tanpa foto calon Dimana pemilu dilaksanakan secara serentak dengan mencoblos lima surat suara yang berbeda dan surat suara warna kuning untuk calon anggota DPR RI, surat suara warna biru untuk calon anggota DPRD Provinsi, surat suara warna hijau untuk calon anggota DPRD kabupaten/kota, surat suara warna merah untuk calon DPD-RI dan surat suara Abu abu untuk calon Presiden dan Wakil Presiden RI.” Ujarnya                                                                                                                                                                                                                                                   man faser pemilih pemula.jpeg2

Salah satu materi yang disampaikan, yakni pentingnya memberikan hak pilih, demi kemajuan bangsa lima tahun yang akan datang. Selain itu, juga terkait bahaya money politik, sebab suara tak bisa dibeli dengan uang. Tata cara mencoblos surat suara juga dikelaskan dalam sosialisasi tersebut. Diharapkan dengan sosialisasi itu, para pemilih pemula tidak golput.

man faser pemilih pemula.jpeg3

Dalam Sosialisasi tersebut  menggunakan pola diskusi yang bersifat dua arah. Ini dilakukan agar para siswa turut aktif dalam diskusi. Kesimpulan yang dapat ditarik dari kegiatan ini adalah bahwa sikap apatisme politik generasi pemilih pemula tidak hadir secara tiba-tiba. Ia hadir berdasarkan situasi yang mereka rasakan hari ini(agus)

man faser pemilih pemula.jpeg4

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *