Kesbag, KPU dan Akademisi Jombang Sosialisasi Pendidikan Politik

Kpu-jombangkab.go.id Pemilu Serentak 17 April  2019  kurang 43 hari lagi dan saaat masa kampanye dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih, Pemerintah daerah dalam hal ini Kesbag Gandeng KPU dan Akademisi Sosialisasi Pendidikan politik dengan tema “Peningkatan Partisipasi Politik Pada Masyarakat” dalam  Pemilu Serentak Tahun 2019′, di Pendopo Kecamatan Bandar Kedung mulyo, yang diselengarakan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Jombang Selasa ( 5/3).

sos kesbang di bandar.jpeg1

Dalam sambutannya Sekretaris Kesbang Jombang Imam  Suyuti mengatakan, bahwa Indonesia sebagai negara demokrasi mensyaratkan dalam konstitusi secara fundamental mengakui dan menjamin kedaulatan hakikatnya adalah milik rakyat. Sebagai bangsa yang majemuk dan pluralisme, Indonesia harus dikelola secara baik sehingga kemajemukan dan pluralisme tersebut menjadi kekuatan bersama membangun bangsa, negara dan masyarakat berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, Ujarnya

sos kesbang di bandar.jpeg2

Akademisi Novy Setia Yunas SIP.M.IP mengatakan, peran serta masyarakat dalam konteks pemilu sangat strategis. Mengingat bahwa masyarakat merupakan bagian dari elemen bangsa sekaligus pelopor konsensus nasional untuk membangun sistem pemerintahan dan politik yang demokratis.” Diharapkan kualitas pemilu berdampak positif terhadap kualitas pemimpin bangsa. Tantangan saat ini adalah memberikan pendidikan politik bagi rakyat pemilih agar masyarakat mengetahui hak, kewajiban dan tanggung jawabnya sebagai warga negara dalam pemilu. Untuk itu dibutuhkan adanya partisipasi politik dari semua komponen masyarakat.

sos kesbang di bandar.jpeg3jpeg

Lebih lanjut Yunas mengatakan  kegiatan pendidikan politik dimaksudkan untuk mensosialisasikan tentang hak dan kewajiban politik rakyat dalam mengikuti Pemilu Serentak tahun 2019. Dengan mengetahui hak dan kewajiban ini diharapkan masyarakat akan bisa berpartisipasi secara sadar, memilih sesuai keyakinannya dan ikut mengawasi secara aktif jalannya pesta demokrasi.

sos kesbang di bandar.jpeg4jpeg

Drs. M Fatoni, MM Divisi Sosialisasi,Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Dalam sosialisasi menjelaskan mengenai jenis pemilih yang nanti berhak memilih, seperti Pemilih yang terdaftar dalam DPT, Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) dan pemilih yang punya hak pilih namun belum terdata dalam DPT atau disebut dengan Daftar Pemilih Khusus (DPK).

Beliau juga menjelaskan tentang Pemilu 2019, mulai dari kapan penyelenggaraannya, jumlah surat suara yang akan diterima di Pemilu 2019, sah dan tidaknya surat suara, cek DPT online, dan yang utama adalah cara pindah pilih dan berapa surat suara yang akan didapat saat pindah pilih, tata cara mencoblos, dan mengajak masyarakat ikut serta dalam penyelengaan pemilu segagai KPPS dalam  pemilu 2019 .

dalam kegiatan Sosialisasi  yang dihadiri 100 orang peserta terdiri dari tokoh masyarakat, tokoh agama, pemilih muda, Perempuan,Pamong dan masyarakat umum. ( agus)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *