Relawan Demokrasi Basis Komunitas, Kuliah Sambil Sosialisasi pemilu 2019

Kpu-jombangkab.go.id Perguruan tinggi/universitas merupakan tempat dengan potensi pemilih yang menggunakan hak pilihnya dengan menggunakan komponen DPTB yang tinggi, namun pengetahuan mahasiswa akan tatacara mengurus Surat Pindah Memilih (A5) masih minim.

anik di unesa

Anik Nur Qomariyah, relawan demokrasi basis komunitas, melakukan kegiatan sosialisasi dan diskusi pemilu 2019 bersama mahasiswa pascasarjana Universitas Negeri Surabaya (13/2). Kegiatan ini dihadiri oleh sekitar 25 mahasiswa dan juga dosen yang mayoritas adalah perantau, dua diantaranya berasal dari kabupaten jombang, dan sedangkan yang lainnya berasal dari Tuban, Gresik, Malang, Yogyakarta, Lombok, sumenep, banyuwangi dan beberapa kota lain. Dalam kegiatan ini, Anik mendorong mahasiswa untuk tidak bersikap acuh tqk acuh dalam pemilu mendatang karena mahasiswa memiliki peran penting untuk negara ini.

anik di unesa.jpeg1

Kegiatan ini berlangsung dengan diskusi yang menarik, karena terdapat komunikasi dua arah mengenai lima jenis surat suara, cara pindah tps, specimen surat suara dan juga tak kalah penting tentang “alasan basi tidak ikut pemilu”. Nayla, salah satu mahasiswa peratau dari jombang mengatakan “dengan kegiatan ini, saya baru tahu bahwa surat suara yang akan saya dapatkan itu berbeda warna, dan dengan melihat specimen yang ditunjukkan oleh relawan demokrasi, saya bisa membayangkan bagaimana pemilu 2019 berjalan.”

Ditemui setelah kegiatan berakhir, Afendi mengatakan, “setelah mendapatkan informasi dari kegiatan ini, saya akan segera mengunduh aplikasi dan mengecek apakah saya sudah terdaftar sebagai dpt, dan saya akan datang ke kpu terdekat untuk mengurus form A5.”

Disamping itu Anik menambahkan, “Tugas utama relawan demokrasi adalah    mendorong seluruh warga negara Indonesia untuk menjadi warga negara yang sadar akan haknya dalam pemilu 2019. Meskipun tidak berda di kabupaten jombang, kami sebagai relawan tetap bertugas. Kapanpun dan dimanapun tempatnya, kami harus selalu mengajak dan menghimbau untuk mendukung suksesnya pemilu, demi negara yang berdaulat”.( Rd kon/ag)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *