Brifing Pembahasan Verifikasi Keanggotaan Pasca Putusan MK

kpu-jombangkab.go.id. KPU Jombang Membahas verifikasi keanggotaan pasca  putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang dihadiri para Komisioner KPU Jombang,Sekretaris, Kasubag dan Staf sekretariat KPU Jombang, Senin (29/1/). Dalam pembahasan dilakukan pemetaan terhadap Tim verifikasi faktual keanggotaan parpol calon peserta Pemilu Tahun 2019. Dalam pelaksanaanya ada  14 partai politik yang akan diverifikasi faktual keanggotaan parpol, KPU Jombang  akan menugaskan  beberapa petugas verifikator lapangan untuk melakukan verifikasi .

Dalam pembahasn  tersebut anggota KPU Kabupaten Jombang Divisi Hukum Athoillah,SH mengatakan, verifikasi faktual kepengurusan dan keanggotaan terhadap Partai Politik Peserta Pemilu Tahun 2014 dilaksanakan mulai  tanggal 30 Januari 2018 sampai 1 Februari 2018,” Ujar Athoillah

atok 3

Athoillah,SH Divisi Hukum KPU Kabupaten Jombang

Mekanisme verifikasi keanggotaan terhadap partai politik tersebut menggunakan metode konversi yaitu jumlah anggota parpol lebih dari 100 anggota, diambil sampel 5% dari data anggota yang diserahkan oleh partai politik, sesuai dengan Lampiran III PKPU Nomor 6 Tahun 2018 tentang Pendaftaran, Verifikasi dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.

Terakait dengan hal tersebut, KPU Jombang telah menyusun Tim verifikasi yang akan dilakukan terhadap partai politik.  Seluruh sekretariat KPU Jombang dan PPK Divisi Hukum. verifikasi keanggotaan diserahkan kepada partai politik untuk mengumpulkan anggotanya sepanjang masa verifikasi yaitu tanggal 30 Januari 2018 sampai dengan 1 februari 2018.” Kata Athoillah. (agus)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *