Komisi A DPRD Propinsi Jawa Timur Apresiasi KPU Jombang

kpu-jombangkab.go.id. KPU Jombang  dapat kunjumgan  Komisi A DPRD Provinsi Jawa Timur, Jum’at (26/1) .Rombongan dipimpin langsung oleh Wakil Ketua Komisi A DPRD Jawa Timur Miftakul Ulum, dengan melibatkan 13 anggota lainya, serta 2 orang unsur sekretariat DPRD. Rombongan diterima Ketua KPU Jombang Muhaimin Shofi,SE, Drs Moh Fatoni,MM Divisi SDM dan Parmas, Abd Wadud Burhan Abadi,SE Divisi Program dan Data, Drs Djafar,SH Divisi Teknis dan jajaran Kasubag di sekretariat KPU Jombang, bertempat di Ruang Husni Kamil Malik (HKM)KPU Jombang.

2

rombongan Komisi A DPRD Propinsi Jawa Timur di ruang Rapat Komisioner KPU

Wakil Ketua Komisi A DPRD Jawa Timur Miftakul Ulum menjelaskan, pihaknya memang sengaja datang ke KPU Jombang disamping Kantor KPU Jombang Resperentatif dibanding dengan KPU yang lain dan harus  ditunjang dengan kinerja yang bagus, juga dalam rangka memantau persiapan dan kesiapan KPU dalam melaksanakan Pemilukada Serentak 2018.

Selain itu Komisi A juga ingin mendapatkan berbagai masukan, terkait dengan angaran dari KPU Propinsi Jawa Timur, perencanaan baik dari sisi teknis penyelenggaraan, parameter peningkatan parmas, pemahaman konteks demokrasi bagi masyarakat, sejauh mana persiapan badan adhoc dari lima orang menjadi tiga orang ditingkat kecamatan pada pemilu 2019, soal Pencalonan pilkada Jombang, maupun  data pemilih tetap (DPT) terakhir.  “Sebagai lembaga wakil rakyat yang membidangi pemerintahan, kami tidak ingin pelaksanaan Pemilukada di Jawa Timur bermasalah, termasuk di Jombang. Jadi kami ingin tahu, seperti apa perencanaan-perencanaan yang sudah disiapkan, anggaranya cukup atau tidak,” Ujar Miftakul Ulum.

Semenatara Ketua KPU Jombang  menjelaskan, fihaknya mengaku terhormat mendapat kunjungan Komisi A DPRD Provinsi Jawa Timur,“Secara umum tidak ada ganjalan berarti bagi KPU Jombang  dalam memasuki proses pemilukada Serentak 2018,” Ujar muhaimin.

Ia menambahkan angaran dari KPU Jawa Timur sekitar 1,7 milyar untuk Honor PPDP dan perlengkapan TPS dengan rincian 600 ribu untuk honor PPDP dan 800 ribu untuk Terop TPS, total kurang lebih 4,3 milyar termasuk untuk APK dan sosialisasi.

Moh Fatoni Divisi SDM dan Parmas KPU Jombang menyampaikan, alat peraga kampanye, penyebaran alat peraga kampanye masing-masing pasangan calon (paslon), isi baliho-baliho kampanye paslon, hingga kampanye dalam bentuk-bentuk pertemuan, dari anggaran pengeluaran terbesar dipergunakan untuk APK, berupa selebaran, brosur, pamflet, dan poster. Jumlah maksimal APK yang kami buat, berdasarkan jumlah maksimal kepala keluarga.

Untuk diketahui, masa kampanye Pilkada serentak 2018 akan berlangsung sejak 15 Februari hingga 23 Juni 2018. pembuatan APK KPU menyerahkan APK kepada timkam, pemeliharaan dan pembersihan APK yang telah diserah terimakan kepada timkam paslon menjadi tanggung jawab paslon.

Dalam pemasangan APK banyak tempat-tempat srategis  yang ada di wilayah Jombang masuk Dinas Perizinan Wilayah Jawa Timur, supaya di permudah untuk APK di wilayah strategis tersebut. KPU Jombang  selalu berkoordinasi dengan Pemda/Kec/Des Kel untuk menetapkan lokasi pemasangan APK dengan mempertimbangkan etika, estetika dan keindahan,”Artinya akan sangat banyak APK baik pilgub dan pilbup diwilayah Jombang,” Ujar Fatoni.

Drs Djafar,SH Divisi Teknis memaparkan bahwa tahapan pencalonan sudah dilaksanakan tiga  pasangan mendaftar, seusai dengan  peraturan perundang-undangan, dengan dokumen yang lengkap, benar dan absah, tahapan tes kesehatan sudah di laksanakan di RSAL Surabaya,” tinggal penetapan paslon dan pengambilan nomor urut, ” Ujar Djafar.

1

rombongan Komisi A DPRD Propinsi Jawa Timur diajak ke Rumah Pintar Pemilu GUSDUR,

Di hadapan pimpinan dan Anggota Komisi A DPRD Propinsi Jawa Timur , Abd Wadud Burhan Abadi menyatakan, Data Pemilih Tetap (DPT) merupakan permasalahan yang krusial dari waktu ke waktu dalam sengketa pemilu, menyadarai hal tersebut KPU buat trobosan dengan adanya DPT berkelanjutan, guna memperoleh data yang falit  Daftar Pemilih Tetap (DPT) terakhir hasil sinkronisasi dengan Daftar Penduduk Pemilih Potensial Pemilu, para petugas PPDP Dalam rangka Pencocokan dan Penelitian (Coklit) Serentak, secara door to door  mendatangi rumah warga untuk mencocokkan data DPT,” Gerakan Coklit Serentak yang dimulai pada tanggal 20 Januari 2018 merupakan gong tanda dimulainya pelaksanaan Pilkada Serentak 2018,”Ujar Burhan.

Usai mendengarkan paparan dari KPU Jombang dan sesi tanya jawab rombongan Komisi A DPRD Propinsi Jawa Timur diajak ke ruang KPU dan  Rumah Pintar Pemilu GUSDUR,  rombongan mengapresiasi RPP gusdur dalam mensosialisasaikan pemilu di jombang, rombongan dikasih cendramata mascot pilkada jombang dan mecendes lainya. (agus).

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *