PPK Bintek Operasional

kpu-jombangkab.go.id- Divisi Perencanaan dan Data KPU menyelenggarakan Bimbingan Teknis Pemutakhiran Data Pemilih pada Pilkada 2018 (Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Jombang dan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur) untuk PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) se-Jombang, Sabtu (6/1), mulai pukul 09.00 WIB di gedung pertemuan Husni Kamil Manik. Materi yang disampaikan dalam bimtek adalah pengoperasian aplikasi Sistem Informasi Data Pemilih (SIDALIH) 2 yaitu pengembangan dari aplikasi SIDALIH sebelumnya.

Komisioner Divisi Perencanaan dan Data, Abdul Wadud Burhan Abadi, dalam kegiatan itu menjelaskan bahwa KPU RI telah meresmikan Gerakan Coklit Serentak pada pekan ini bersamaan dengan bimbingan teknis SIDALIH Pilkada 2018 di Jakarta. Gerakan Coklit Serentak dilakukan di 31 Provinsi, 381 Kabupaten/Kota, yang melaksanakana Pilkada Serentak 2018.

“Gerakan Coklit Serentak adalah upaya KPU dan jajarannya untuk menyempurnakan Data Pemilih sebelum ditetapkan dalam Daftar Pemilih Tetap yang pelaksanaannya perlu digaungkan agar masyarakat luas juga tahu dan memastikan kegiatan pendaftaran Pemilih dan memastikan dirinya sudah terdaftar sebagai Pemilih atau belum bagi daerah yang melaksanakan Pilkada Serentak 2018,” papar Burhan, sapaannya.

1

Bimbingan Teknis Pemutakhiran Data Pemilih pada Pilkada 2018 (Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Jombang dan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur) untuk PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) se-Jombang

Burhan memgingatkan agar PPK dan PPS (Panitia Pemungutan Suara) benar-benar memantau kinerja PPDP (Petugas Pemutakhiran Data Pemilih) dan benar-benar melakukan kegiatan Coklit (pencocokan dan penelitian) secara riil. Mulai Sabtu (20/1), PPDP mulai melaksanakan coklit di seluruh wilayah Jombang.

Pada bimtek tersebut, Kasubag Program dan Data KPU, Samsul Hudha, memberikan pembekalan materi terkait operasionalisasi aplikasi SIDALIH yang membahas fitur-fitur dalam aplikasi SIDALIH. Satu persatu langkah-langkah menggunakan fitur SIDALIH dijelaskan kepada Ketua dan Anggota Divisi Perencanaan dan Data PPK dari 21 kecamatan se-Jombang.

“Sesuai petunjuk dalam bimtek SIDALIH di Jakarta, sebaiknya perangkat komputer menggunakan MS Office versi terbaru agar aplikatif dengan SIDALIH yang merupakan pengembangan dari aplikasi sebelumnya, dan aplikasi SIDALIH ini juga terus mengalami pengembangan,” ujar Samsul Hudha. (dyta)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *