Terjunkan Personel Teliti Administrasi Pascaputusan Bawaslu

kpu-jombangkab.go.id– Mulai Minggu (26/11) hingga Selasa (28/11), KPU melakukan penelitian administrasi di lapangan untuk keanggotaan Parpol Pascaputusan Bawaslu Tanggal 18 November 2017 Nomor: 710/PL.01.1-SD/03/KPU/XI/2017 Perihal Pelaksanaan Putusan Bawaslu. Sama dengan 14 Parpol sebelumnya yang telah dilakukan penelitian administrasi, 4 Parpol Pascaputusan Bawaslu yaitu : Partai Islam Damai Aman (Idaman), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) dan Partai Rakyat, mendapat perlakuan sama yaitu KPU melakukan penelitian administrasi dari kriteria keanggotaan ganda (eksternal dan internal), dan status tidak memenuhi syarat (usia kurang dari 17 tahun dan belum menikah, tidak cocok KTA dan KTP, dan pekerjaan PNS/TNI/Polri).

“Sejak keluarnya putusan Bawaslu dan Parpol yang tersebut di dalamnya menyerahkan surat pernyataan data keanggotaannya yang diverifikasi data lama atau data baru, KPU langsung melakukan penelitian administrasi kegandaan dan status tidak memenuhi syarat. Setelah itu, temuan data tersebut dilakukan penelitian di lapangan langsung kepada Anggota yang bersangkutan untuk dimintai konfirmasi,” papar Kasubag Hukum, Achmad Sjaifuddin, Minggu (26/11).

Targetnya pada Selasa (28/11) penelitian administrasi di lapangan selesai dan hasilnya segera diserahkan kepada ke-4 Parpol tersebut untuk dilakukan perbaikan. Sementara itu, 14 Parpol yang sudah mendapatkan penyerahan data keanggotaan hasil penelitian administrasi dari KPU Jombang di Hotel Yusro pada Kamis (16/11), harus segera menyerahkan kembali hasil perbaikan data keanggotaannya selambatnya Jumat (1/12) kepada KPU. (dyta)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *