KPU Selesaikan Hasil Penelitian Administrasi Parpol

IMG-20171121-WA0048KPU Selesaikan Hasil Penelitian Administrasi Parpol

 

Kpu-jombangkab.go.id- Tim Hukum KPU Jombang : yang terdiri dari Divisi Hukum dan Sub Bagian Hukum KPU Jombang selesaikan hasil penelitian administrasi partai politik, Kamis (14/11). Hasil penelitian administrasi dilakukan dalam dua tahap yaitu verifikasi administrasi dan dilanjutkan verifikasi faktual yaitu memverifikasi langsung ke lapangan terkait keanggotaan ganda dan tidak memenuhi syarat keanggotaan parpol.
Achmad Saifuddin, Kasubbag Hukum, menjelaskan bahwa seluruh personel Sekretariat KPU Jombang telah melakukan verifikasi faktual ke lapangan mulai Rabu (1/11) sampai dengan Minggu (12/11). Verifikasi faktual dilakukan untuk mendapatkan informasi langsung kepada anggota parpol yang tercatat namanya dalam berkas keanggotaan yang diserahkan parpol pada saat pendaftaran.
“Banyak data yang perlu dikonfirmasi langsung selain anggota parpol ganda, yaitu : anggota parpol berstatus pns, anggota parpol belum berusia 17 tahun dan belum menikah, serta masih banyak lagi kategori Tidak Memenuhi Syarat. Hasil verifikasi faktual di lapangan tersebut dirangkum menjadi satu dan dibuatkan Berita Acara Lampiran 1 dan Lampiran 2, yang kami serahkan langsung ke KPU Provinsi Jawa Timur, dan berkas hasil penelitian selanjutnya akan diserahkan kepada parpol,” papar Achmad Saifuddin.
Berita Acara disusun dan ditetapkan melalui Rapat Pleno KPU Jombang saat itu juga. Rapat pleno juga mengundang Komisioner Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kabupaten Jombang, yaitu : Ahmad Udi Masjkur dan David Budianto, didampingi staf, yang sekaligus melakukan monitoring berkas hasil verifikasi faktual. (dyta)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *