KPU SERAHKAN HASIL PENELITIAN ADMINISTRASI KEANGGOTAAN PARPOL

FB_IMG_1511805024010

KPU SERAHKAN HASIL PENELITIAN ADMINISTRASI KEANGGOTAAN PARPOL

Kpu-jombangkab.go.id- KPU serahkan hasil penelitian administrasi keanggotaan ganda dan tidak memenuhi syarat, kepada Parpol (partai politik) Calon Peserta Pemilu Tahun 2019, di Hotel Yusro, Kamis (16/11), pukul 12.30 WIB. Para undangan adalah dua perwakilan/penghubung Parpol, dan Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Jombang.

Komisioner KPU Divisi Hukum, Athoillah, menjelaskan bahwa penyampaian hasil penelitan administrasi adalah tahapan selanjutnya setelah proses pendaftaran Parpol dan penyerahan syarat pendaftaran Parpol pada KPU yang berlangsung 3-17 Oktober 2017. Kemudian dilanjutkan dengan verifikasi administrasi oleh KPU yang di dalamnya termasuk verifikasi faktual kegandaan dan tidak memenuhi syarat pada 17 Oktober -15 November 2017.

“Semua tahapan yang termasuk dalam pendaftaran Parpol telah dilaksanakan oleh KPU Jombang sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Tahapan Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2019, dan sekarang kami serahkan hasil penelitian administrasi kepada Parpol untuk dilakukan perbaikan,” ujar Atok, sapaannya.

Athoillah memaparkan bahwa keanggotaan Parpol yang diverifikasi secara faktual atau dikonfirmasi langsung kepada Anggota Parpol terkait penelitian administrasi karena sebab antara lain : tercatat keanggotaan ganda dengan Parpol lain, usia di bawah 17 tahun dan belum menikah, pekerjaan yang tidak memenuhi syarat sebagai Anggota Parpol (PNS, TNI/Polri aktif). Sebanyak 19.395 data keanggotaan Parpol yang diverifikasi administrasi oleh KPU dan total temuan awal data tidak memenuhi syarat ada 7.407 data keanggotaan.

“Kami serahkan kembali kepada Parpol dan terserah kepada Parpol yang bersangkutan, apakah data keanggotaan tersebut mau diperbaiki atau dihapus. Jika dihapus, maka data keanggotan di aplikasi SIPOL juga harus dihapus agar jumlahnya sesuai,” imbuh Atok. (dyta)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *