Bimtek Sidalih Samakan Pemahaman Dalam Tahapan Pemutakhiran Data Pemilih

IMG-20171121-WA0025Bimtek Sidalih Samakan Pemahaman Dalam Tahapan Pemutakhiran Data Pemilih

kpu-jombangkab.go.id- Anggota KPU Divisi Perencanaan dan Data, Abdul Wadud Burhan Abadi, dan Kepala Subbagian Program dan Data, Samsul Hudha, mengikuti Bimbingan Teknis Sistem Informasi Daftar Pemilih (Sidalih), Selasa (7/11) di gedung Lemabaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI), Jakarta Selatan. Peserta yang hadir adalah Divisi Perencanaan dan Data serta Kepala Subbagian Program dan Data, yang menjalankan tugas dalam tahapan pemutakhiran data pemilih pada Pemilihan Serentak 2018 dan Pemilihan Umum Serentak 2019.
Peserta bimbingan teknis terdiri dari 17 provinsi dan 381 kabupaten/kota yang melaksanakan pilkada serentak Tahun 2018, termasuk KPU Kabupaten Jombang. Peserta terdiri dari Komisioner Divisi Data Pemilih dan Operator Sidalih dengan jumlah peserta total sebanyak 796 orang.
Ketua KPU RI, Arief Budiman, menegaskan bahwa aplikasi Sidalih dirancang untuk menjamin transparansi dan akurasi data pemilih dalam Pemilihan (Pilkada) dan Pemilu. Publik bisa mengakses data pemilih melalui aplikasi Sidalih dan memastikan bahwa dirinya telah terdaftar sebagai Pemilih.
Komisioner KPU Kabupaten Jombang, Abdul Wadud Burhan Abadi, mengatakan bahwa Divisi Perencanaan dan Data mengatakan bahwa bimbingan teknis aplikasi Sidalih sangat penting untuk menyamakan pemahaman dari seluruh Satuan Kerja KPU se-Indonesia dalam mengoperasikan aplikasi Sidalih. “Hal ini untuk mengurangi potensi kesalahan dalam proses pemutakhiran data pemilih dan memberikan pelatihan kepada Operator Sidalih karena ada perbaikan dalam aplikasi tersebut,” ujar Mantan Komisioner Panitia Pengawas Pemilihan Kabupaten Jombang itu.
Kasubag Program dan Data KPU Kabupaten Jombang, Samsul Hudha, menjelaskan bahwa KPU telah melakukan koordinasi dengan instansi terkait misalnya : Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Pemkab Jombang dan Kementerian Agama serta Dinas Pendidikan, terkait pendataan pelajar yang pada Juni 2018 berusia minimal 17 tahun. Selain itu, berbekal Daftar Pemilih Tetap tingkat Kabupaten Jombang pada Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2014 yaitu sebanyak 991.770 Pemilih, KPU Kabupaten Jombang telah mempersiapkan sarana dan tenaga pendukung untuk melaksanakan Tahapan Pemutakhiran Data Pemilih.
“KPU Kabupaten Jombang melaksanakan pemutakhiran data pemilih sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 2 Tahun 2017 Tentang Pemutakhiran Data dan Penyusunan Daftar Pemilih Dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota,” imbuh Samsul. (dyta)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *