Komisioner KPU Uji Kesungguhan Calon PPS

 

IMG-20171113-WA0010

 

Kpu-jombangkab.go.id- etelah lolos seleksi tulis dan diumumkan KPU pada Jumat (3/11), para Calon PPS (Panitia Pemungutan Suara) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur dan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Jombang Tahun 2018, harus menghadapi tahap seleksi selanjutnya yaitu wawancara. Seluruh Komisioner KPU beserta Sekretaris menguji kemampuan dan kesungguhan para Calon Penyelenggara Pemilu tingkat desa, pada Minggu (5/11) sampai dengan Kamis (9/11), mulai pukul 08.00 WIB sampai selesai.
Para peserta seleksi Calon PPS yang lolos ke tahap wawancara diumumkan melalui Edaran Ketua KPU Kab Jombang Nomor : 60/PL.03/3517/KPU-Kab/XI/2017 Tanggal 2 November 2017, Perihal : Pengumuman Lulus Seleksi Tulis Calon Anggota PPS Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Jatim dan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Jombang Tahun 2018. Selanjutnya mereka menghadapi seleksi wawancara berlangsung di kantor kecamatan se-Jombang secara bergiliran, dengan masing-masing 1 orang tim penguji dibantu personel Sekretariat KPU.
“Ada beberapa desa yang calonnya hanya tinggal 3 peserta yang lolos ke seleksi wawancara, maka seleksi hanya akan memberikan penjelasan dan gambaran tugas-tugas PPS seperti apa dan bagaimana sekaligus menanyakan kesiapan mereka bertugas. Idealnya peserta seleksi wawancara 6 orang tapi sebagian besar yang hanya 3 orang sudah berpengalaman baik sebagai KPPS dan PPS di pemilu sebelumnya,” papar Hanif Purwanto, Sekretaris KPU.
Meski perwakilan Calon PPS di suatu desa hanya 3 orang saja, KPU tetap memberlakukan syarat kemampuan dan tidak pernah menjadi Anggota Partai Politik dalam kurun waktu 5 tahun terakhir. Selain itu, apabila ada salah satu yang dinilai tidak mampu bekerja, maka KPU tidak meloloskan begitu saja karena KPU juga memiliki kewenangan untuk melakukan penunjukan langsung kandidat lain, dengan bantuan pertimbangan dari Camat, Kepala Desa, dan Ketua BPD (Badan Perwakilan Desa). (dyta)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *