Pendaftar PPK dan PPS Didominasi Usia Produktif  

 

a12507d2-237f-4a15-af56-20669215ffd1

Para Pendaftar PPK PPS

 

Kpu-jombangkab.go.id- Wajah-wajah baru dalam usia produktif dan belia, betul-betul mendominasi pendaftaran Calon Anggota PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) dan PPS (Panitia Pemungutan Suara) KPU Kabupaten Jombang pada 16-21 Oktober 2017 lalu. Tercatat lebih dari 50 % pendaftar berusia kurang dari 40 tahun bahkan dalam rentang usia 19 – 30 tahun.

Hal ini dampak dari terbitnya Peraturan KPU Nomor 12 Tahun 2017 yang mengatur tentang Tata Kerja KPU dan Pembentukan Badan Ad Hoc (PPK, PPS, KPPS). Peraturan  tersebut mengubah syarat usia calon Anggota Badan Ad Hoc (PPK, PPS, dan KPPS) dari minimal usia 25 tahun menjadi 17 tahun.

“Apalagi ada Edaran KPU RI Tanggal 27 April 2015, Nomor : 183/KPU/IV/2015, Perihal : Penjelasan Anggota PPK PPS dan KPPS belum pernah menjabat dua kali dalam jabatan yang sama, memberikan kesempatan luas bagi kader-kader baru penyelenggara pemilu tingkat kecamatan dan desa. Ternyata mendapat dukungan dari masyarakat dan perangkat desa sehingga para pelamar PPK dan PPS sebagian besar adalah wajah baru dan usia muda,” ujar Drs Mochammad Fatoni MM, Komisioner KPU Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Senin (23/10).

Fatoni menjelaskan bahwa tidak perlu ada kekhawatiran ketidakmampuan bekerja bagi pelamar PPK dan PPS dengan nihil pengalaman. KPU akan menyelenggarakan bimbingan teknis agar para Anggota PPK dan PPS mampu melaksanakan tugas pokok dan fungsinya. Setelah seleksi tulis dan wawancara, KPU akan menyusun formasi ideal keanggotaan PPK dan PPS dari yang berpengalaman dan yang nihil.

“Ada banyak pelamar Anggota PPK yang mengikuti jenjang pengalaman sebagai penyelenggara pemilu mulai dari menjadi KPPS, PPS, dan sekarang melamar PPK. Tentu saja itu adalah calon ideal karena berpengalaman secara berjenjang,” imbuh Fatoni.

KPU menargetkan kuota Calon Anggota PPK per kecamatan minimal 10 orang dan Calon Anggota PPS minimal enam orang per desa. Dari hasil rekapitulasi seleksi administrasi, kuota telah terpenuhi. Tahapan selanjutnya adalah pengumuman hasil seleksi administrasi yang akan dilaksanakan pada Rabu (25/10) melalui website resmi KPU Kabupaten Jombang : www.kpu-jombangkab.go.id dan ditempel di papan pengumuman kantor KPU Jalan Romly Tamim Desa Sumbermulyo, serta melalui kantor kecamatan se-Kabupaten Jombang. (dyta)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *