KPU Jombang Hadiri Bimtek Sosialisasi di Trawas

11b983a3-a008-498c-8947-1c39b3ca567d

Peserta Bimtek Sosialisasi

Sosialisasi dan Penyuluhan Pilkada Serentak Tahun 2018 memiliki jangka waktu yang panjang yaitu sejak tanggal 14 Juni 2017 hingga 23 Juni 2018. Guna menyamakan langkah tersebut, KPU Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat Dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Jawa Timur Tahun 2018 di Grand Whiz Hotel Trawas, Mojokerto selama 2 hari dari tanggal 18 – 19 Oktober 2017.

KPU Jombang mengirimkan 3 delegasinya, yakni Muhaimin Shofi, Ketua, Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Jombang Moch Fatoni serta Kepala Sub Bagian Teknis dan Hubungan Partisipasi Masyarakat, Deni Laksono.

Kegiatan hari pertama (18/10), peserta mendapatkan pengarahan umum dari seluruh Komisioner KPU Provinsi Jawa Timur , kemudian dilanjutkan dengan paparan materi yang disampaikan oleh Gogot Cahyo Baskoro selaku Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Provinsi Jatim.

Gogot mengungkap materi tentang regulasi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat yang diatur di dalam PKPU Nomor 08 Tahun 2017 dan Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih Berbasis Keluarga dan Warga Internet (netizens).

Pada hari kedua, Kamis (19/10) acara dilanjutkan dengan diskusi kelompok tentang 11 segmen pemilih sebagai sasaran sosialisasi. Kelompok pertama mendiskusikan tentang 9 segmentasi yang terdiri dari pemilih pemula, pemilih muda, pemilih perempuan, penyandang disabilitas, kebutuhan khusus, kaum marginal, komunitas, keagamaan, dan relawan demokrasi. Kelompok kedua tentang warga internet/netizen dan kelompok ketiga tentang keluarga. Setiap kelompok menghimpun metode sosialisasi yang bisa diaplikasikan terhadap 11 basis pemilih tersebut sebagai upaya meningkatkan partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pemilihan. (agus)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *