KPU Terbuka Terhadap Penyempurnaan Regulasi Surat Suara

IMG-20171015-WA0042

kpu-jombangkab.go.id- KPU Kabupaten Jombang mengikuti Bimbingan Teknis Desain Surat Suara untuk Pemilihan Gubernur/Bupati/Walikota Tahun 2018 yang diselenggarakan Oleh KPU RI dari tanggal 10 s.d. 12 Oktober 2017 bertempat di Tangerang, Banten. KPU Jombang diwakili Drs. Djafar SH Divisi Teknis Komisioner KPU dan Burhani Agus Sukmana,SH staf Teknis dan Hubmas.
Kegiatan di tutup oleh Anggota KPU, Imam Saputra dan Kepala Biro Perencanaan dan Data, Kepala Biro SDM, Sebelum penutupan acara Bintek panitia pemberian penghargaan atau reward kelas Praktek para operator desain terbaik surat suara, setelah menyaksikan pagelaran seni tarian Nusantara, Lalu, dilanjutkan laporan Ketua Pelaksana Sumaryo Handono yang juga selaku Kabiro Perencanaan Dan Data KPU RI. Dalam acara bintek peserta dikelompokkan menjadi dua kelas. Yakni kelas kebijakan desain surat suara yang akan membahas kebijakan desain, pengadaan, dan distribusi, dengan peserta para komisioner. Kelas kedua yakni kelas praktik yang akan mempelajari dan membuat surat suara dengan peserta operator
Dalam komponen Kebijakan yang diikuti para komisioner yang membidangi menghasilkan suatu rekomendasi. Diantaranya tentang pembuatan foto paslon, regulasi tentang penyerahan foto, layout dari paslon (posisi pengambilan gambar),Validitas surat suara, terlaksanaya Standarnisasi Surat suara ( jenis kertas, security jenis mikrotek atau hologram). Hasil rapat tersebut dibawa ke KPU.
Imam Saputra menyampaikan pembuatan desain surat suara harus sesuai dengan ketentuan dan standar yang berlaku dalam undang undang. Rekomendasi apapun dari hasil hasil peserta Bimbingan Teknis Desain Surat Suara untuk Pemilihan Gubernur/Bupati/Walikota Tahun 2018, merupakan aturan yang kurang dari per KPU sebelumya 144,145 tahun 2016, perlu penegasan terhadap paslon tersebut. KPU selalu membuka diri dalam hal-hal penyelengaraan pemilu dan usulan-usulan yang tidak melanggara undang –undang.(agus)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *