Musik Keroncong Pelajar Meriahkan Grand Final

 

 7e4d5c72-6c19-49cd-b08b-d60cd0a37240

kpu-jombangkab.go.id- Bak konser musik pindah ke halaman kantor KPU, begitulah suasana semarak pada Sabtu (30/9), pukul 19.00 WIB. Alunan musik didominasi irama keroncong, memeriahkan panggung Grand Final Lomba Maskot, Tagline, dan Jingle Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Jombang Tahun 2018.

Para pengisi acara yang menghibur undangan malam itu adalah kelompok musik keroncong dari SMAN 1, 2, 3 dan SMPN 2 Jombang, binaan Achmad Yani, Seniman Musik Senior Jombang. Mereka membawakan lagu-lagu pop masa kini yang akrab di telinga anak muda penggemar musik. Meski tampil sukarela karena tujuan mereka adalah untuk unjuk kebolehan memainkan music keroncong, tak lantas membuat mereka tampil asal-asalan. Dengan penuh penjiwaan dan semangat, mereka membawakan lagu-lagu keren bak penyanyi profesional.

“Saya, Pak Tinov, dan Rendy, sebagai Tim Juri Lomba Jingle ingin mempopulerkan mereka dan musik keroncong di kalangan anak muda dengan lagu-lagu pop masa kini. Jadi musik keroncong tampil populer agar anak-anak muda juga tertarik menikmati musik keroncong,” ujar Yeyen, sapaan akrabnya, sekaligus tim juri.

Pada acara itu, ditampilkan 10 karya jingle terbaik pilihan Dewan Juri dari puluhan karya jingle yang dikirim kepada KPU untuk mendapatkan penilaian akhir. Mereka bersaing memberikan penampilan terbaik agar mendapat nilai lebih dari Dewan Juri yaitu : Achmad Yani, Tinop Harsono, dan Rendi Prisma Wahyudi. Para pemenang Lomba Maskot dan Tagline juga sekaligus diumumkan.

Sepuluh karya jingle terbaik itu adalah : BMI (Bengkel Musik Indie – Undar) dengan karya “Jingle KPU Jombang,” Imawan Toriq dengan judul jingle “Sejuta Harapan,” Reza Virgiesty dengan judul “Ayo Warga Jombang,” Rahmadani dengan judul jingle “Tak Tutuk Kanggo Kuto Jombang” dan “Jombang Yang Lebih Baik,” Agung Setiawan dengan judul jingle “Sambut Gembira Pilkada Jombang,” SMPN 1 dengan judul “Masa Depan Jombang,” Haikal Rahmadani dengan judul jingle “Jombang Kita Hebat (Versi 1 dan 2),” dan Aziz dengan judul jingle “Bangkit Indonesia.” “Ada peserta yang memang membuat dua versi karyanya,” imbuh Rendi, seorang mahasiswa kesenian yang pernah mendapatkan penghargaan sebagai pegiat kesenian keroncong.

Setelah melalui ketatnya penilaian juri, akhirnya berhasil didapatkan Tiga Terbaik Lomba Jingle Pilbup Jombang 2018 yaitu : Paduan Suara SMPN 1 Jombang dengan judul karya “Masa Depan Jombang,” Haikal Rahmadani dengan karya “Jombang Kita Hebat,” dan SMPN DU 1 Peterongan dengan judul karya “Tak Tutuk Kanggo Kuto Jombang.” Ketiga karya terbaik mendapatkan masing-masing trofi, piagam penghargaan, dan dana pembinaan senilai Rp 2.000.000.

“Kami sangat bangga dengan antusiasme para bibit potensial di bidang musik dari Kabupaten Jombang dan terima kasih atas partisipasi seluruh peserta baik yang menang maupun yang belum berhasil. Semoga pada penyelenggaraan Pilbup Jombang selanjutnya, tradisi lomba ini bisa dipertahankan,” ujar Athoillah, usai menyerahkan hadiah kepada para pemenang lomba. (dyta)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *