Belum Ada Satupun Parpol Menyerahkan Berkas

 

907d6867-6e87-4bc4-9ef3-c99b1229e375

kpu-jombangkab.go.id Belum ada satupun Parpol datang ke KPU pada Rabu (4/10) atau hari kedua pendaftaran, untuk menyerahkan berkas keanggotaan sebagai syarat pendaftaran Parpol Calon Peserta Pemilu 2019. Kendati begitu, setiap hari petugas yang sudah terjadwal mulai Selasa (3/10) hingga Senin (16/10), standby di gedung pertemuan Husni Kamil Manik sejak pukul 08.00 WIB.

Komisioner KPU, Mochammad Fatoni, menjelaskan bahwa ada beberapa Pengurus parpol yang sudah datang ke KPU. Sebagian menyerahkan surat mandat Penghubung Parpol, sebagian untuk berkonsultasi ke Helpdesk terkait kelengkapan persyaratan pendaftaran.

“Sebenarnya untuk penyerahan surat mandat Penghubung parpol bisa bersamaan dengan penyerahan berkas keanggotaan, tapi Parpol memilih menyerahkan lebih dulu surat mandat untuk memudahkan berkoordinasi dengan KPU,” kata Fatoni.

KPU berharap Parpol segera menyerahkan berkas keanggotaan sejak awal agar nanti jika ada kekurangan bisa segera diperbaiki, dan punya kesempatan panjang untuk meneliti kembali database keanggotaannya. Jika sudah mendekati hari akhir pendaftaran, ada kemungkinan terdapat ketidakcocokan data keanggotaan dan waktu memperbaiki tidak ada. Hal itu akan mengakibatkan kerugian bagi Parpol itu sendiri nanti saat pelaksanaan tahapan Verifikasi Faktual. (dyta)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *