KPU Sosialisasikan Tata Cara Pendaftaran Parpol Calon Peserta Pemilu 2019  

c3210c47-5268-467d-a987-abe21bdf98b2

Athoillah, Komisioner KPU Kabupaten Jombang Divisi Hukum.

 

kpu-jombangkab.go.id–  KPU menggelar Sosialisasi Pendaftaran, Penelitian Administrasi, dan Verifikasi Faktual Partai Politik Calon Peserta Pemilu Tahun 2019, Sabtu (30/9) pukul 09.00 WIB, di Hotel Yusro. Sosialisasi mengundang Ketua dan Sekretaris Parpol yang sudah terdaftar di Kementerian Hukum dan Asasi Manusia, yang ada di Kabupaten Jombang.

“Ini adalah kelanjutan dari Pelatihan Aplikasi Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) di Mataram lalu, dan kami menyampaikan amanat dari Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilu dan Peraturan KPU Nomor 11 Tahun 2017 Tentang Pendaftaran, Verifikasi, dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilu Anggota Dewan Perwakilan Rakyat dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah,” jelas Athoillah, Komisioner KPU Kabupaten Jombang Divisi Hukum.

Materi yang disampaikan pada sosialisasi tersebut adalah serangkaian prosedur KPU dalam melaksanakan tahapan penerimaan pendaftaran berkas administratif Parpol antara lain : melaksanakan penelitian administrasi dan kelengkapannya, melaksanakan verifikasi faktual berdasarkan dokumen keanggotaan yang diajukan oleh Parpol, hingga melakukan penetapan Parpol peserta Pemilu 2019.

Menindaklanjuti itu, KPU Kabupaten Jombang mulai Selasa (3/10) sampai dengan Senin (16/10) membuka pendaftaran Parpol peserta pemilu 2019. Pada saat pendaftaran akan dilakukan penghitungan dan pencocokan data rekap keanggotaan antara data di Sipol dengan hard copy kartu tanda anggota (KTA) dan kartu tanda penduduk (KTP)/surat keterangan dari Dispendukcapil. Jika ada kekurangan atau ketidakcocokan, maka berkas langsung dikembalikan kepada penghubung Parpol.

“KPU tidak diperkenankan menerima penitipan berkas Parpol yang belum lengkap. Semua akan dikembalikan jika ada ketidaksesuaian antara data soft copy dan hard copy,” imbuh Athoillah. (dyta)

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *