Penunjukan Bank Penampung Dana Hibah Harus Transparan

profil-b-shisin

Dewita Ayu Shinta, Komisioner Divisi Umum Keuangan dan Logistik KPU Propinsi Jawa Timur

kpu-jombangkab.go.id Komisi Pemilihan Umum (KPU) terus berusaha melakukan transparansi baik dalam laporan keuangan maupun program-program kerjanya. Seperti hal nya yang diinstruksikan KPU Propinsi Jawa Timur kepada 38 KPU Kabupaten/Kota yakni terkait transparansi penunjukan perbankan sebagai bank penampung dana hibah Pilkada 2018.

“Ada beberapa KPU Kabupaten/Kota yang masih melakukan beauty contest  pemilihan perbankan. Kami di KPU Propinsi Jawa Timur menggunakan beberapa prinsip diantaranya yakni jaringan perbankan sampai ke daerah-daerah yang lebih luas, ketersediaan kas di kantor cabang serta fasilitas yang diberikan dan apa yang bisa dikerjakan bersama KPU. Prinsip tersebut dapat diadopsi juga oleh KPU Kabupaten/Kota,” kata Dewita Ayu Shinta, Komisioner Divisi Umum Keuangan dan Logistik KPU Propinsi Jawa Timur menjelaskan dalam Rapat Koordinasi dan Penyuluhan Peraturan KPU di Kota Malang, Rabu (09/08).

Beberapa aspek tersebut dapat dijadikan acuan dalam penentuan perbankan penampung dana hibah. Dewita juga mengingatkan pentingnya transparansi penentuan beauty contest tersebut.

“Kita harus melibatkan seluruh pihak, baik Komisioner, Sekretaris maupun Kasubag. Dan segala penawaran ataupun keputusan harus dilakukan didalam rapat secara terbuka sehingga dapat dipertanggung jawabkan bersama,” tambah Dewita. (anjar)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *