OSIS SMPN 1 Jadwalkan Belajar Kepemiluan di RPP Gusdur

20727680_10155512047949030_2060115077_o

Pelajar SMPN 1 Jombang juga mengunjungi Rumah Pintar Pemilu-Gubuk Sosialisasi Demokrasi Untuk Rakyat (RPP Gusdur) , Selasa (8/8).

 

kpu-jombangkab.go.id- Sekali mendayung, dua-tiga pulau terlampaui. Bertujuan meminjam bilik suara dan alat coblos untuk keperluan Pemilos (Pemilihan Ketua OSIS), 4 (empat) pelajar SMPN 1 Jombang juga mengunjungi Rumah Pintar Pemilu-Gubuk Sosialisasi Demokrasi Untuk Rakyat (RPP Gusdur) yang terletak di bagian belakang gudang logistik KPU Kabupaten Jombang. Bersama 2 (dua) orang mahasiswi Unesa yang sedang menjalankan Program Pengalaman Lapangan (PPL) di SMPN 1 Jombang, mereka asyik melihat papan display tentang Pemilu Tahun 1955 sampai Tahun 2014, Selasa (8/8).

Miwing, Talitha, Arif, dan Riris adalah para pelajar kelas 9 yang juga pengurus OSIS di sekolah mereka. Mereka berempat ditemani Gesti dan Risma, mahasiswa Unesa, terlihat senang sekali melihat RPP Gusdur dan mencermati angka dan data yang ada di papan display RPP Gusdur. Mulai dari perolehan suara hingga pengetahuan kepemiluan yang menurut mereka, banyak sekali yang belum mereka ketahui sebelumnya.

“Senang sekali kami dapat kesempatan ke RPP Gusdur karena kami belum pernah tahu apa itu rumah pintar pemilu dan baru di sini kami tahu siapa saja yang pernah menjadi Bupati Jombang dan tahun berapa saja karena ada dokumentasinya,” ujar Miwing.

Talitha dan Riris tertarik dengan papan ular tangga demokrasi sembari serius menyimak penjelasan dari Moch. Fatoni, Anggota KPU Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat tentang cara memainkan dan penjelasan dari gambar-gambar di setiap kolom angka papan ular tangga. “Nah, ini kalau pion berhenti di kotak ‘mencoblos lebih dari satu,’ maka kena ular dan harus turun beberapa kotak dan berhenti di gambar ‘masuk penjara’ karena mencoblos lebih dari satu menurut peraturan pemilu adalah pelanggaran pidana,” jelas Fatoni.

Tuntas berkeliling di RPP Gusdur, Arif merasa belum puas. Karena itu, ia berunding dengan keempat temannya untuk menjadwalkan kunjungan berikutnya beserta pengurus OSIS lainnya di waktu yang lebih longgar dan panjang sehingga bukan hanya kunjungan tapi juga menimba ilmu kepemiluan dan demokrasi dengan para Komisioner dan Staf KPU Kabupaten Jombang. “Kami akan mengajukan izin dulu kepada Wali Kelas kami sehingga kami bisa leluasa mengadakan dialog dan belajar demokrasi dan pemilu di RPP,” imbuh Arif. (dyta)

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *