KPU Harus Proaktif Mencari Data Kependudukan

IMG_9709

Muhammad Arbayanto Divisi Teknis KPU Provinsi Jawa Timur

 

kpu-jombangkab.go.id Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah serentak di tahun 2018 mendorong Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk melakukan persiapan di segala bidang. Salah satunya yaitu Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu, yang merupakan satu bagian yang sangat vital bagi proses penyelenggaraan pemilu dan menjadi etalase kinerja KPU selama ini. Kesuksesan penyelenggaraan pemilu tak lepas dari peran divisi teknis.

Menghadapi tantangan tersebut, Muhammad Arbayanto selaku Komisioner yang menggawangi Divisi Teknis KPU Propinsi Jawa Timur, menjelaskan berbagai tugas yang akan dihadapi divisi teknis pada Pemilu 2018 nanti. Salah satu yang dibahas Arbayanto dalam pemaparannya pada Rapat Koordinasi dan Penyuluhan Peraturan KPU di Kota Malang, Selasa (8/8), yaitu tentang ruang lingkup kerja divisi teknis yang meliputi penentuan alokasi daerah pemilihan (dapil) dan jumlah kursi, pencalonan, pemungutan dan penghitungan suara, penetapan calon terpilih serta PAW anggota DPRD.

“Dalam hal penetuan dapil dan alokasi kursi, KPU Kabupaten/Kota harus pro aktif dalam mencari data-data kependudukan yang terkait dan mencakup prinsip-prinsip dapil yang meliputi : kesetaraan, ketaatan pada sistem pemilu dengan jumlah kursi, proporsionalitas antara jumlah kursi dan jumlah penduduk, integralitas wilayah, kohesifitas aspek historis serta kesinambungan,” jelas Arbayanto.

Disamping menjelaskan tentang penentuan dapil dan alokasi kursi, Arbayanto juga mengungkapkan tentang mekanisme pencalonan.

“Penyelenggara pemilu harus paham benar tentang mekanisme pencalonan. Mulai dari peraturan atau payung hukum yang menaungi maupun prosedur yang berjalan. Untuk verifikasi dilakukan sebagaimana ketentuan yang ada dan KPU harus berkoordinasi dengan lembaga lainnya seperti Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI)”, tambah Arbayanto.

“Selanjutnya untuk mekanisme secara detail bagi divisi teknis akan dibahas dalam rapat koordinasi khusus divisi teknis,” pungkas Arbayanto. (anjar)

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *