PDIP Konsultasi Pemilu 2019

IMG_3200

Kunjungan kader dari partai PDIP Jombang diterima langsung oleh Muhaimin Shofi Ketua KPU Kabupaten Jombang dan Moch. Fatoni anggota KPU

 

kpu-jombangkab.go.id Menyongsong tahapan Pemilu 2019, pengurus DPC PDI Perjuangan Kabupaten Jombang  sambangi kantor KPU Jombang, Selasa (25/7). Kedatangan Moch. Sofyan dari partai PDIP Jombang diterima langsung oleh Muhaimin Shofi Ketua KPU Kabupaten Jombang dan Moch. Fatoni anggota KPU. Konsultasi terkait, metode konversi suara, dan alokasi kursi per daerah pemilihan (dapil).

”Kami bersilaturahmi dengan KPU Jombang perihal metode konversi suara Pemilu 2019, PDIP Jombang optimis kursinya akan bertambah, serta PDIP Jombang siap untuk verifikasi parpol peserta pemilu 2019,” ” ujar, Sofyan  yang juga mantan penghubung PDIP Jombang Pemilu 2014.

Muhaimin Shofi Ketua KPU Kabupaten Jombang menyampaikan, penghitungan suara merupakan variabel utama dari sistem pemilu untuk mengkonversi suara menjadi kursi, meski terkesan sangat teknis, “metode penghitungan suara sangat penting bagi  partai politik,” ujar Muhaimin.

Heri Subagyo  Kasubag Umum KPU Jombang , menambahkan  dengan disahkannya RUU Pemilu menjadi UU Pemilu oleh DPR  salah satunya mengatur perhitungan perolehan kursi DPR. Pemilu  2019 tidak lagi menggunakan bilangan pembagi pemilih (BPP) seperti pada Pemilu 2014,  tetapi menggunakan metode divisor dengan teknik penghitungan “sainte lague” murni. Dalam hal penghitungan perolehan kursi DPR, sebagaimana suara sah dibagi dengan bilangan pembagi dengan pecahan 1, dan diikuti secara berurut turut bilangan ganjil 3, 5, 7, dan seterusnya.

Dengan metode ini nantinya partai-partai yang memperoleh suara banyak tidak akan merasa suaranya direbut oleh partai lain yang suaranya lebih kecil tapi memperoleh kursi.( agus)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *