KPU Persiapkan Akses Disabilitas

 

20314876_1740336289322980_2043117055_o

Sosialisasi Pilkada Jombang tahun 2013 Bagi Kaum Difabel di KPU Kabupaten Jombang, (dok. hupmas)

 

20394489_1740337179322891_15334408_o

Sosialisasi Pilkada Jombang tahun 2013 Bagi Kaum Difabel di KPU Kabupaten Jombang, (dok. hupmas)

 

kpu-jombangkab.go.id Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jombang menghadiri Workshop Formulir Alat Bantu Periksa Untuk Mewujudkan Pemilu Akses Pada Pilkada Gubernur dan Pilkada Bupati/Walikota Tahun 2018 yang diselenggarakan oleh KPU Propinsi Jawa Timur, Kamis (20/07). Workshop bertempat di Hotel Santika Premiere Gubeng, dihadiri 38 KPU Kabupaten/Kota di Jawa Timur. Hadir perwakilan dari KPU Kabupaten Jombang adalah Dja’far selaku Divisi Teknis dan Abdul Wadud Burhan Abadi selaku Divisi Perencanaan.

Dalam workshop yang bertajuk Pemilu Akses, dibahas persiapan langkah KPU dalam menyediakan akses bagi penyandang cacat atau disabilitas agar tidak kehilangan hak politiknya. “Aksesibilitas adalah Segala bentuk kemudahan/upaya meminimalisir tantangan dalam lingkungan, untuk menjamin pemenuhan hak penyandang disabilitas dalam masyarakat yang inklusif yang menjadi target KPU untuk dapat mewujudkannya,” kata Tolhas Damanik M. Ed selaku pemateri dalam worksop formulir alat bantu periksa di Surabaya.

“Adapun beberapa hak politik penyandang disabilitas yaitu memilih dan dipilih dalam jabatan publik, menyalurkan aspirasi politik, berperan serta dalam kepemiluan serta memperoleh aksesibilitas dalam pemilu,” tambah Tolhas menjelaskan.

Pemilu akses merupakan terobosan baru KPU dalam memenuhi kebutuhan masyarakat, yaitu disabilitas, agar tidak kehilangan hak politiknya. KPU kedepannya akan mempersiapkan segala kemudahan bagi disabilitas untuk dapat menyalurkan hak pilihnya.

Salah satunya yaitu tidak boleh ada tangga maupun bebatuan menuju tempat TPS, melakukan pengadaan khusus bagi disabilitas, mendata dengan lebih terperinci jumlah disabilitas yang ada di Kabupaten/Kota untuk dapat menentukan kebutuhan sarana yang harus disediakan bagi disabilitas. Hal baru lainnya adalah penyematan bahasa isyarat dalam pengunggahan website maupun saat sosialisasi di masyarakat.

KPU Kabupaten Jombang akan melakukan langkah prefentif menindaklanjuti program dari KPU RI tentang Pemilu akses. KPU Kabupaten Jombang sangat mendukung pemberian kemudahan bagi disabilitas untuk dapat menyalurkan hak pilihnya dalam Pilkada 2018 nanti. (anjar)

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *