Tim Pengelola Keuangan Kebut Laporan Semester I

IMG_2722

Tim pengelola keuangan Sekretariat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jombang membuat laporan semester I tahun anggaran 2017

 

kpu-jombangkab.go.id- Tim pengelola keuangan Sekretariat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jombang berjibaku kebut laporan semester I tahun anggaran 2017 sejak Senin (3/7) hingga Jumat (14/7). Laporan keuangan per-semester disusun sebagaimana diamanatkan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara bahwa Menteri/Pimpinan Lembaga sebagai Pengguna Anggaran/Barang mempunyai tugas antara lain menyusun dan menyampaikan laporan keuangan Kementerian Negara/Lembaga yang dipimpinnya.

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Jombang adalah salah satu entitas akuntansi di bawah Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia yang berkewajiban menyelenggarakan akuntansi dan laporan pertanggungjawaban atas pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara. Salah satu pelaksanaannya adalah dengan menyusun laporan keuangan berupa Laporan Realisasi Anggaran, Neraca, Laporan Operasi, Laporan Perubahan Ekuitas dan Catatan atas Laporan Keuangan.

“Penyusunan laporan keuangan yang akuntabel adalah salah satu wujud dari good governance maka kami sebagai tim pengelola keuangan yaitu Kuasa Pengguna Anggaran (KPA), Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Pejabat Penandatanganan SPM (PPSPM), Bendahara, dan 2 (orang) Penyusun Laporan Keuangan termasuk Pengelola Barang Milik Negara, berupaya melakukan koordinasi agar laporan keuangan semester I Tahun Anggaran 2017 bisa diselesaikan tepat waktu dan tepat hasil untuk kemudian dikirimkan ke KPU Provinsi Jawa Timur,” jelas Hanif Purwanto AP S.Sos, Sekretaris KPU Kabupaten Jombang sekaligus KPA, Jumat (14/7).

Penyusunan Laporan Keuangan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Jombang mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan dan kaidah-kaidah pengelolaan keuangan yang sehat dalam Pemerintahan serta memedomani Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor : 222/PMKI.05/2016 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor : 177/PMK.05/2015 Tentang Pedoman Penyusunan dan Penyampaian Laporan Keuangan Kementerian Negara/Lembaga. Laporan Keuangan ini telah disusun dan disajikan dengan basis akrual untuk menyajikan informasi keuangan yang transparan, akurat dan akuntabel. (dyta)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *