KPU dan Dispendukcapil Sinergikan Data Pemilih

IMG_2712

Komisi Pemilihan Umum melakukan koordinasi dengan Dispendukcapil, Kamis ( 13/7)

kpu-jombangkab.go.id, Dalam rangka penyiapan data pemilih yang lebih valid dan dalam rangka persiapan Rapat Koordinasi KPU di Kabupaten Blitar, Komisi Pemilihan Umum melakukan koordinasi dengan Dispendukcapil, Kamis ( 13/7) yang tujuanya menyiapkan Data Pemilih secara berkala, sehingga dapat meminimalisir sejumlah masalah tersebut.

Anggota KPU, Abdul Wadud Burhan Abadi yang membidangi Divisi Daftar Pemilih, Samsul Huda Kasubag Program dan Data dan Burhani Agus Staf Teknis dan Hubmas disambut langsung Tatik, Kepala Bidang Pengelola Informasi dan Pengeloalaan Data Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Jombang.

Abdul Wadud Burhan Abadi mengatakan, koordinasi dengan bersama Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil untuk menyiapkan Data Pemilih secara berkala  ini sangat diperlukan.  Hal ini dikarenakan pengalaman yang terjadi pada Pemilu sebelumnya yakni Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden  ditemui beberapa masalah yang dihadapi dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) seperti tidak adanya NIK dan NKK, Data Ganda dan beberapa nama pemilih yang telah meninggal namun masih ada dalam DPT. Dengan demikian penyiapan data pemilih tidak hanya dilakukan pada momentum pemilu atau menunggu Tahapan Pemilukada berjalan.

Tatik selaku Kabid Pengolahan Data dan Informasi  menyambut baik koordinasi yang dilakukan oleh KPU Kabupaten Jombang dan bersedia membantu KPU. Ia menjelaskan bagaimana pengolaan data yang dilakukan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dan akan memberikan data sesuai permintaan KPU Kabupaten Jombang

“Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil siap memberikan data DP4 kepada KPU setiap enam bulan sekali (setiap semester), yakni pada bulan juni dan bulan desember setiap tahun sampai masuk pada berjalannya tahapan pemilukada Kabupaten Jombang  pada 2018 mendatang dan menunggu Intruksi dari Depdagri,“ kata Tatik (agus).

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *