Partai Perindo Ingin Belajar Kepemiluan di RPP Gusdur

meda

Drs. Medan Amrullah, Sekretaris DPD Perindo Jombang

kpu-jombangkab.go,id- DPD Partai Perindo Kabupaten Jombang  mengajukan permohonan mengunjungi Rumah Pintar Pemilu (RPP) Gusdur di KPU Kabupaten Jombang. Mereka akan membawa pengurus harian dan kader Partai Perindo untuk belajar sejarah pemilu dan masalah kepemiluan lainya di RPP Gusdur. Rencananya kader Partai Parindo Kabupaten Jombang  akan berkunjung, Jumat (14/7).

“Kita ingin agar para kader bisa mengetahui dan belajar bagaimana geliat demokrasi di Jombang dari masa ke masa. Selebihnya, kita ingin berdiskusi bagaimana pemilu itu diselenggarakan khusunya di Jombang, sehingga mereka paham mekanisme dan tatacara sebagai peserta pemilu,” kata Drs. Medan Amrullah, Sekretaris DPD Perindo Jombang ini menjelaskan alasan kunjungannya ke KPU untuk mengajukan permohonan belajar kader partainya di RPP.

Selain itu, kunjungan ke RPP Gusdur ini adalah untuk mengetahui wajah atau penampilan fasilitas publik milik KPU Jombang ini. Sebab, hampir semua partai politik di Jombang sudah berkunjung ke RPP Gusdur dan umumnya merasa terkesan. Karena itu, sebagai partai pendatang baru pihaknya tidak mau ketinggalan informasi kekinian tentang kepemiluan. Termasuk yang ditampilkan KPU melalui RPP Gusdur.

Menanggapi permohonan kunjungan Partai Perindo tersebut, Komisioner Divisi SDM dan Parmas, Moch. Fatoni menyambut baik dan mengapresiasinya. “Silahkan yang mau datang ke RPP Gusdur, dengan senang hati KPU  akan menerimanya. Sebab, RPP Gusdur itu dibuat bukan untuk monumen, tapi salah satu tujuannya adalah untuk memberi edukasi kepada masyarakat tentang demokrasi dan kepemiluan, termasuk ruang untuk publikasi KPU,” jelas Fatoni, Kamis (6/7).

Karena itu, tambahnya, siapapun dan kapanpun bisa mengunjungi RPP Gusdur, baik untuk kepentingan belajar, sekadar berdiskusi dan melihat-lihat RPP Gusdur. Bahkan kalau ada yang ingin melakukan riset pun bisa dilakukan, karena cukup banyak data kepemiluan yang bisa diakses. Terbukti yang berkunjung ke RPP Gusdur selama ini bukan hanya partai politik, tapi juga ada perguruan tinggi, anak sekolah, LSM, pendamping program.

“Bahkan beberapa kali anak-anak sekolah dasar dan pra sekolah, berkunjung ke RPP Gusdur walau sekadar untuk bermain puzzle. Makanya, kalau ada yang mau berkunjung KPU Jombang dengan senang hati akan menerima. Apalagi yang datang itu partai politik, malah kebetulan. Kita  bisa titip sosialisasi kepada masyarakat melalui kader-kader partai, baik itu yang terkait persiapan Pilkada 2018 dan persiapan verifikasi Parpol peserta Pemilu 2019,” tandas Fatoni. (agus)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *