Dewan Pendidikan Ajak Komite Sekolah Belajar Demokrasi di RPP Gusdur

IMG_2443

Dewan Pendidikan Kabupaten Jombang melihat atrribut di dalam RPP Gusdur, Selasa 04/07/2017

 

kpu-jombangkab.go.id- Anggota Dewan Pendidikan Kabupaten Jombang, Afairur Ramadlan, mengajak para anggota Komite Sekolah untuk belajar berkehidupan demokrasi yang salah satunya melalui Rumah Pintar Pemilu – Gubuk Sosialisasi Demokrasi Untuk Rakyat (RPP Gusdur) KPU Kabupaten Jombang. Sebab, RPP Gusdur punya banyak kelebihan yang bisa didapatkan untuk pendidikan politik dan demokrasi bagi para siswa.

Afairur menganggap bahwa proses pemilihan anggota Komite Sekolah dengan cara ditunjuk bukan dipilih, seperti yang terjadi selama ini, menjadi salah satu sebab munculnya sikap apatis dan kurang responsifnya orangtua siswa terhadap kebutuhan siswanya di sekolah. Karena itu, sekolah perlu berguru ke KPU yang sangat berpengalaman dalam membangun sistem demokrasi di Indonesia ini.

“Salah satu tujuan dibentuknya komite sekolah adalah menciptakan suasana dan kondisi transparan, akuntabel, dan demokratis dalam penyelenggaraan dan pelayanan pendidikan yang bermutu di satuan pendidikan, yang seharusnya kondisi demokratis harus dimulai dari proses pemilihan anggota komite sekolah bukan dengan penunjukan,” tegas Ramadlan, sapaan akrabnya ketika berkunjung di RPP Gusdur, Selasa (4/7).

Ia berharap KPU Kabupaten Jombang dapat memfasilitasi komite sekolah untuk berkunjung ke RPP Gusdur guna menumbuhkan semangat dan kondisi demokratis. Kehidupan demokratis selama ini sudah lebih dulu ditunjukkan oleh para siswa melalui kegiatan pemilihan ketua kelas, pemilihan ketua OSIS, dan kegiatan-kegiatan kesiswaan ekstrakurikuler lainnya.(dyta)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *