“Ngalap” Berkah, KPU Gelar Kupatan Bersama

IMG_2422

Acara Kupatan Bersama KPU Jombang 03/07/2017

 

IMG_2433

Acara Kupatan Bersama KPU Jombang 03/07/2017

Kupatan adalah tradisi yang diperkenalkan Sunan Kalijaga pada masyarakat Jawa sebagai upaya untuk menyebarkan agama Islam kepada masyarakat yang pada saat itu mayoritas beragama Hindu. Tradisi kupatan ini diadakan seminggu usai Hari Raya Idul Fitri. Dalam tradisi kupatan mengandung makna atau filosofi sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat Allah yang melimpahkan rahmat kepada umat muslim sehingga bisa melaksanakan ibadah puasa dan merayakan hari raya idul fitri.

Berkaitan dengan hal tersebut, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jombang mengadakan acara kupatan dihari pertama memulai aktifitas kembali usai cuti bersama selama sepekan, Senin (03/07). Acara kupatan diikuti seluruh keluarga besar KPU Jombang dan diadakan di RPP Gusdur.

“Acara kupatan ini sebagai ungkapan rasa syukur yang berisi rangkaian do’a bersama dan makan bersama, selain untuk ngalap berkah, mengharap ridlo Allah juga dapat mempererat ukhuwah islamiyah antar pegawai KPU Jombang,” ujar Hery Subagyo, Kasubag Umum KPU Jombang.

Pada acara kupatan yang diadakan KPU Jombang dikemas dalam suasana yang santai berbalut kekeluargaan. Semua pegawai saling bercengkerama untuk menceritakan pengalaman mudik lebaran serta saling mensupport untuk menghadapi agenda pekerjaan yang sudah menanti. (anjar)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *