PKS Harapkan RPP Gusdur Lahirkan Pemilih Cerdas

IMG_0791

Mustofa Mansyur, Ketua DPD PKS Kabupaten Jombang saat berdiskusi tentang TPS di RPP Gusdur bersama komisioner, Senin (15/5)

IMG_0770

Moch. Fatoni saat menjelaskan Game Pemilu di RPP Gusdur kepada kader PKS, Senin (15/5)

IMG_0833

Moch. Fatoni bermain Game Pemilu di RPP Gusdur dengan kepada kader PKS, Senin (15/5)

  

 

Jombang, kpu-jombangkab.go.id- Kader muda Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Jombang mengapreasi adanya Rumah Pintar Pemilu, Gubuk Sosialisasi Demokrasi Untuk Rakyat (RPP Gusdur) di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jombang. Apalagi setelah melihat langsung RPP Gusdur dan isi di dalamnya, para kader muda PKS tersebut sangat antusias untuk membantu menyosialisasikan keberadaan RPP Gusdur, Senin (15/5).

Mustofa Masyhur, Ketua PKS Kabupaten Jombang sangat berterima kasih kepada KPU Kabupaten Jombang yang menyambut terbuka kedatangan para kader muda PKS walau dalam rombongan kecil. Mustofa menyatakan optimistis jika keberadaan RPP Gusdur dimaksimalkan untuk pendidikan politik dan kepemiluan kepada masyarakat, maka pada tahun 2019 akan lahir pemilih-pemilih cerdas yang menghasilkan wakil-wakil rakyat berkualitas.

Senada dengan Mustofa Masyhur, M. Arifin menginginkan dengan adanya RPP Gusdur ini, pendidikan politik kepada masyarakat bisa maksimal. Maka RPP Gusdur perlu melakukan sosialisasi agar RPP Gusdur banyak diketahui masyarakat luas dari berbagai lapisan baik itu sekolah, berbagai instansi, dan organisasi apapun.

“Semoga KPU Kabupaten Jombang khususnya, bisa istiqomah melakukan sosialisasi dan pendidikan politik kepada masyarakat melalui RPP Gusdur, karena sejujurnya Indonesia bisa dikatakan tertinggal dengan negara-negara lain soal pengetahuan kepemiluan dan politik,” tegas Arifin.

Muhaimin Shofi, Ketua KPU Kabupaten Jombang mengatakan bahwa RPP Gusdur terbuka luas untuk seluruh masyarakat tanpa terkecuali. RPP Gusdur bisa dimanfaatkan oleh kelompok masyarakat untuk pembelajaran kepemiluan bersama-sama dengan KPU Kabupaten Jombang, apalagi tahun 2017 ini KPU Kabupaten Jombang memasuki tahapan penyelenggaraan Pemilukada Serentak Tahun 2018. Pemilihan Gubernur dan Bupati serta tahapan Pemilu Nasional Tahun 2019 yang dimulai dengan kegiatan verifikasi partai politik peserta Pemilu.

“Ayo kita manfaatkan RPP Gusdur untuk berdiskusi, pembelajaran kepemiluan, dan bersama-sama menguraikan permasalahan dalam penyelenggaraan pemilu karena penyelenggaraan pemilu yang tertib dan lancar membutuhkan kepedulian dari masyarakat,” tegas Dja’far, Komisioner Divisi Teknis.

Mochammad Fatoni, Komisioner Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat menambahkan bahwa adanya RPP Gusdur bukan berarti KPU minteri dalam istilah Jawa atau merasa lebih pintar soal kepemiluan daripada masyarakat awam. “Bagaimana RPP Gusdur ini menjadi semacam virus penyebar wawasan demokrasi termasuk pendidikan politik yang mewabah di masyarakat sehingga masyarakat tidak perlu lagi merasa terpaksa menggunakan hak pilihnya tapi malah merasa terpanggil untuk menyuarakan pilihannya” terang Cak Fat biasa Fatoni akrab dipanggil. (dyta)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *