Meminimalkan Kesalahan Saksi, Partai Golkar Ingin Belajar Ke KPU

IMG_0620

Kader Partai Golkar saat berkunjung di RPP Gusdur mendapat penjelasan tentang maket TPS dari Moch. Fatoni, Divisi SDM dan Parmas KPU Jombang

IMG_0593

Kader Partai Golkar saat melihat permainan kepemiluan di RPP Gusdur

 

Jombang. kpu-jombangkab.go.id. Kader Partai Golongan Karya  mengunjungi RPP Gusdur KPU Kabupaten Jombang untuk belajar lebih dalam tentang mekanisme pemungutan di TPS, Rabu (10/05). Kunjungan ini disambut oleh Divisi SDM dan Parmas, Moch. Fatoni dan Abdul Wadud Burhan Abadi Divisi Program dan Data.

Fatoni menjelaskan secara terperinci denah TPS saat pemungutan suara sambil menunjukkan maket TPS di dalam RPP Gusdur. “Saat pemungutan suara berlangsung, TPS merupakan area yang steril dari orang-orang yang tidak berkepentingan”, jelas Fatoni.

Dalam hal ini yang dimaksud yaitu tidak boleh ada orang-orang yang hilir mudik di TPS. Yang berada di area TPS yaitu petugas KPPS, Saksi dari Partai dan PPL, serta Pemilih yang akan menyalurkan hak suaranya. Untuk anggota keamanan dan pemantau pemilu harus berada di luar area TPS.

Pada kesempatan tersebut, salah seorang kader Partai Golkar, Mustofa menceritakan tentang kesalahan yang sering dilakukan oleh saksi saat berada di TPS. “Seringkali saksi meninggalkan TPS saat pemungutan suara berlangsung dan kembali ke TPS hanya saat penghitungan suara”, ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Fatoni menjelaskan bahwa saksi seharusnya berada di lokasi pemungutan suara dari mulai menandatangani berita acara sampai penghitungan selesai dilakukan. “Saksi tidak boleh meninggalkan area TPS sejak berita acara ditanda tangani hingga pemungutan suara berlangsung sampai dengan penghitungan selesai dilakukan. Namun jika ingin meninggalkan TPS, harus ada pertukaran dengan saksi yang lainnya. Hal ini dilakukan untuk meminimalkan kecurangan sekaligus sebagai pertanggungjawaban saksi jika ada permasalahan hukum pada pemilihan tersebut”, pungkas Fatoni. (Anjar)

 

 

 

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *