KPU Kabupaten Jombang Lakukan Pendidikan Pemilih Pemula melalui Penggalang Aksi IV.

img_7747

Kak Fatoni bersama Peserta Penggalang Aksi IV

img_7736

Kak Fatoni bersama Para Peserta Penggalang Aksi IV

dsc00187

Kak Fatoni saat memberikan sosialisasi pemilu pada Peserta Penggalang Aksi IV

 

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Jombang berperan aktif dalam mendidik generasi muda dalam pembinaan mental dalam berbangsa dan bernegara, khususnya di bidang kepemiluan. Dalam kegiatan Penggalang Aksi IV yang diselenggarakan Gerakan Pramuka Pangkalan SMAN 03 Jombang adalah Moch. Fatoni anggota KPU Kabupaten Jombang Divisi SDM dan Parmas bertindak selaku Instruktur/Kakak Pembina terkait sosialisasi pemilu dalam rangka lomba PENGGALANG AKSI (Ajang Kreativitas dan Prestasi Penggalang) IV tahun 2016 yang diselenggarakan di Laboratorium Kimia SMAN 03 Jombang, Selasa (20/12) bulan lalu.

Kak Fatoni, dalam sesi ini menjelaskan makna, tujuan dan pentingnya Pemilu serta sejarah kepemiluan di Indonesia. Para peserta Penggalang Aksi IV yang terdiri dari perwakilan beberapa Pangkalan Penggalang SMP di Kabupaten Jombang sangat antusias mengikuti sosialisasi yang dilaksanakan sore hari ini. “Kami berharap, adik-adik kelak bias menjadi calon pemimpin yang dihasilkan melalui proses pemilu, baik sebagai anggota DPRD, DPD, DPR atau dapat menempuh cita-cita menjadi bupati, gubernur bahkan presiden melalui proses demokrasi,” harap Cak Fat, biasa M. Fatoni akrab dipanggil kepada para peserta.

Dalam kegiatan pendidikan pemilih pemula ini juga dijelaskan secara singkat proses pemungutan dan penghitungan suara di TPS, bagaimana cara mencoblos surat suara yang benar, aturan main sebagai pemilih pada saat pemilu berlangsung serta penjelasan tentang lembaga-lembaga penyelenggara pemilu dari KPPS, PPS, PPK, KPU Kabupaten/Kota, KPU Provinsi maupun KPU RI. (den/agus)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *